Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Olahraga

Prediksi Final Piala AFF, Indonesia Vs Thailand

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Dede Nana

27 - Dec - 2021, 08:06

Placeholder
Timnas Indonesia saat melawan Timnas Thailand beberapa tahun lalu (foto: istimewa)

JATIMTIMES - Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand pada leg pertama partai final Piala AFF di National Stadium, Kallang, Singapura pada Rabu (29/12/2021) depan.

Dalam partai final kali ini, Indonesia cukup diuntungkan dengan jeda pertandingan yang terpaut satu hari dari Thailand. Sebab, tim dari negeri Gajah Perang itu baru saja menuntaskan semifinal melawan Vietnam, Minggu (26/12/2021) kemarin.

Baca Juga : Agus Andrianto Kembali Terpilih Sebagai  Ketua IKASI Banyuwangi Secara Aklamasi

Namun Thailand pun tidak bisa dipandang enteng, sebab mereka memiliki banyak pemain senior yang diturunkan pada ajang Piala AFF kali ini. Salah satu contohnya yakni Teerasil Dangda, pemain senior Thailand ini diyakini masih memiliki kemampuan yang sangat bagus. Karena dalam babak penyisihan lalu, ia selalu menjadi pilihan tim pelatih untuk turun.

Selain Teerasil Dangda, Thailand masih memiliki penyerang bernama Supachai Chaided dan Adisak Kraisorn yang tidak bisa dianggap enteng. Keduanya merupakan striker haus gol ketika berada di kotak 16.

Di sisi lain, tim Gajah Perang juga masih memiliki dua pemain senior yang saat ini bermain di Liga Jepang, mereka adalah Chanatip Songkrasin yang bermain untuk Hokkaido Cansadole Sapporo dan Teerathon Bunmathan yang bermain bagi Yokohama Marinos.

Dua pemain ini disebut menjadi kunci permainan dari Thailand meski Chanatip Songkrasin berposisi sebagai gelandang jangkar, sedangkan Teerathon Bunmathan berposisi sebagai bek kiri.

Sementara Indonesia sendiri saat ini menjadi tim yang paling muda berlaga di Piala AFF. Dari puluhan pemain yang dibawa Shin Tae-yong, 8 pemain diantaranya yang kerap mengisi starter masih berusia di bawah 23 tahun. Mereka antara lain adalah Asnawi Mangkualam (22), Rahmat Irianto (22), Hanis Saghara (22), Pratama Arhan (20), Elkan Baggott (19), Witan Sulaiman (20), Alfeandra Dewangga (20) dan Ramai Rumakiek (20).

Kedelapan pemain muda Indonesia itu digadang menjadi tumpuan tim Garuda saat berlaga di laga final nanti. Sebab, empat pemain diantaranya yakni Asnawi Mangkualam, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan dan Witan Sulaiman menjadi pemain yang tak tergantikan sejauh ini. Sementara empat pemain sisanya juga selalu dimainkan oleh Shin Tae-yong meski di pertengahan babak kedua atau saat babak kedua dimulai.

Secara strategi bermain, Thailand sebenarnya lebih diunggulkan karena sering menerapkan permainan yang lebih mengandalkan possesion game. Setelah itu mereka akan sesekali masuk ke pertahanan lawan untuk mencetak gol.

Baca Juga : Persedikab Kediri Coret 14 Pemain Sambut Babak 64 Besar Nasional

 

Di sisi lain, Indonesia sendiri selalu bermain dengan gaya simpel yang mengandalkan satu dua sentuhan untuk kemudian tiba di pertahanan lawan.

Kecerdikan Witan Sulaiman di lini depan dan kewibawaan Evan Dimas di lini tengah diharapkan mampu membuat pertandingan semakin terbuka. Terlebih Indonesia juga memiliki Ramai Rumakiek yang kecepatannya dapat diandalkan.

Berbicara di lini belakang, Thailand memiliki Manuel Bihr dan Philip Roler sebagai dua tower yang menjaga gawang dari kiper Kawin Thamsatchanan. Dua center back itu ditopang oleh bek kanan berpengalaman Tristan Do dan Teerathon Bunmathan di sisi bek kiri.

Untuk Indonesia sendiri, Fachrudin Arianto sejauh ini belum tergantikan perannya di lini belakang. Tinggal menunggu siapa pasangan yang akan dipasang oleh Shin Tae-yong. Biasanya, pada menit pertama Shin Tae-yong akan memasang Rizky Ridho dan Pratama Arhan disisi kiri kemudian Asnawi Mangkualam di sisi kanan. Nantinya, babak kedua Alfeandra Dewangga akan ditarik lebih turun untuk menggunakan formasi dengan 3 bek.

Patut ditunggu pertandingan final Piala AFF antara Timnas Indonesia melawan Timnas Thailand. Keduanya memang diprediksi melaju ke babak final setelah melihat permainan yang sudah ditampilkan pada babak penyisihan.


Topik

Olahraga



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Dede Nana