01/12/2022 Solusi Problem Ekologi dan Kesejahteraan Ekonomi, Dharma Wanita UIN Maliki Gelar Pelatihan Ecoenzym | Jatim TIMES

Solusi Problem Ekologi dan Kesejahteraan Ekonomi, Dharma Wanita UIN Maliki Gelar Pelatihan Ecoenzym

Dec 17, 2021 14:48
DWP UIN Maliki gelar pelatihan ecoenzym dengan pemateri kegiatan Dr H Agus Mulyono S Pd MKes. (Ist)
DWP UIN Maliki gelar pelatihan ecoenzym dengan pemateri kegiatan Dr H Agus Mulyono S Pd MKes. (Ist)

Pewarta: Anggara Sudiongko | Editor: Yunan Helmy

JATIMTIMES - Dharma Wanita Persatuan UIN  Malik Ibrahim Malang (DWP UIN Maliki) menyelenggarakan pelatihan pembuatan Ecoenzym dan sabun ecoenzym daun bidara. Hal ini bukan saja sebagai gebyar HUT Ke-22 DWP RI dan memperingati Hari Ibu Ke-93, namun juga bagian dari kontribusi terhadap upaya menjaga lingkungan.

Ketua DWP UIN Maliki Malang Dra Shofiyah Zainuddin menyampaikan, pelatihan ini selaras dengan Gebyar HUT Ke-22 DWP RI yang bertema Bersama Membangun Ketahanan Perempuan Indonesia: Mental Sehat, Bisnis, UMKM Pulih.

2

Karena itu, seluruh pengurus dan anggota DWP UIN Maliki yang hadir diharapkan untuk bisa mengikuti pelatihan dengan baik agar memperoleh dan memiliki nilai guna serta berdaya guna dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian keluarga.

Baca Juga : Percepat Progres Pembangunan, Bupati Blitar Jajaki Kerja Sama dengan Dubes Azerbaijan

Di sisi lain, merespons momen peringatan Hari Ibu, wanita yang akrab disapa Shofi ini menyampaikan bahwa seorang ibu mempunyai peran penting dalam mendidik dan membesarkan para generasi penerus bangsa.

Karena itulah, pihaknya mengajak kaum ibu untuk benar-benar memberikan yang terbaik bagi  putra putrinya dan bisa menjadi seorang pengasuh, pendidik, dan pemimpin serta memberikan contoh teladan yang baik, mulai dari keimanan, ketakwaan dan hal lainnya.

"Tentunya agar putra putri agar bisa menjadi penerus generasi bangsa yang unggul dan tangguh serta kuat," terangnya.

Rektor UIN Maliki Malang Prof Dr Zainuddin MA dalam sambutannya mengapresiasi adanya kegiatan ini. Menurut dia, hal ini menjadi salah satu bagian dari usaha untuk melindungi dan menjaga kelestarian lingkungan meskipun sederhana sekali dan kecil skalanya. 

"Yang ibu-ibu DWP lakukan ini telah ikut memberikan sumbangsih dan ide serta gagasan mengatasi problem lingkungan hidup meski sederhana dan semampunya," jelasnya.

Prof Zen -sapaan akrab rektor- menambahkan pelatihan tentang ecoenzym mampu meningkatkan peran kaum ibu dalam mengelola sampah rumah tangga menjadi produk bermanfaat dan berdaya guna sehingga semakin meminimalisir pembuangan sampah.

1

Dalam arahannya, rektor juga memberikan sekilas gambaran problem ekologi yang sedang dihadapi oleh seluruh umat manusia tidak hanya di Indonesia. 

Baca Juga : Kader Muda Sebut NU Baru dalam Masyarakat Baru, Ungkap Ketertinggalan yang Harus Dikejar

Saat ini, kondisi Bumi harus menjadi perhatian semua pihak. Adanya global warming tentunya perlu mendapatkan respons yang cepat dan sinergi dari semua pihak untuk berupaya mengurangi dampak buruk adanya global warming. 

Tak dipungkiri, tingkah laku atau perbuatan manusia yang merusak lingkungan menjadi salah satu faktor terjadinya global warming. Karena itu, manusia kini harus lebih menyadari dan lebih meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.

"Bumi semakin tua usianya, makin panas suhunya, adanya global warming, gunung es di kutub banyak yang runtuh mencair, terjadi bencana banjir, tanah longsor dan lainnya. Itu semua sebenarnya adalah ulah manusia yang sendirinya menjadi perusak lingkungan hidup di sekitarnya," pungkasnya.

Judul berita Solusi Problem Ekologi dan Kesejahteraan Ekonomi, Dharma Wanita UIN Maliki Gelar Pelatihan Ecoenzym.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
UIN Maliki Malang Dharma Wanita Persatuan UIN Malang

Berita Lainnya