Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Jelang Nataru, Segini Harga Terbaru Minyak Goreng dan Cabai di Pamekasan

Penulis : khairul rozi - Editor : Pipit Anggraeni

02 - Dec - 2021, 19:32

Placeholder
Pedagang di pasar/Ilustrasi. (Foto: Dokumentasi JatimTIMES).

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menyebut, secara umum harga barang kebutuhan pokok jelang natal dan tahun baru relatif stabil.

Namun, terdapat dua komoditi yang mengalami kenaikan harga signifikan dibanding bulan-bulan sebelumnya, yaitu minyak goreng dan cabai.

Baca Juga : Pemkab Malang Siapkan Penerapan Konsep Smart City di Kawasan Wisata Bromo Tengger Semeru

"Minyak curah yang awalnya Rp 16.500 sekarang Rp 18.500 per liter. Untuk minyak goreng Bimoli 2 liter Rp 29.000 naik ke Rp 35.000," kata Kepala Disperindag Pamekasan Achmad Sjaifudin, Kamis (02/12/2021)

Menurut Sjaifudin, kenaikan kebutuhan pokok berupa minyak goreng dan cabai itu sudah terjadi sejak awal bulan November lalu.

Bahkan kenaikan harga minyak curah dan minyak goreng tersebut secara global terjadi di seluruh dunia akibat pasokan bahan baku menurun.

"Sesuai dengan hukum permintaan. Permintaan banyak, sementara produksi dari petani sedikit," tambahnya.

Baca Juga : Ini 6 Masjid Mewah dan Megah dengan Desain Keren di Malang

Sementara untuk kenaikan yang terjadi pada cabai rawit, menurutnya dikarenakan kondisi cabai yang rentan busuk. Lebih-lebih di musim penghujan seperti saat ini. Sehingga besar kemungkinan cabai hasil produksi petani rusak.

"Karena faktor alam ini cukup mempengaruhi ke harga bahan pokok. Cabai rawit ini naiknya cukup signifikan, dari Rp 19 ribu per kilogram kini naik ke Rp 35 ribu," tutupnya


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

khairul rozi

Editor

Pipit Anggraeni