Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Mandi di 3 Waktu Ini Berisiko, Ini Anjuran Waktu Tepat untuk Mandi

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

21 - Nov - 2021, 07:59

Placeholder
Ilustrasi seseorang tengah mandi (freepik)

JATIMTIMES - Mandi tidak hanya berfungsi membersihkan tubuh dari kotoran, tapi juga menyegarkan badan setelah lelah dengan berbagai aktivitas. Mandi sendiri merupakan kewajiban bagi umat muslim untuk menjaga tubuh agar tetap bersih dan nyaman ketika beribadah.

Dalam hadist disebutkan bahwa "kebersihan sebagian daripada iman". Artinya dengan menjaga kebersihan, sama artinya menjaga kesehatan dan juga keimanan.

Hukum mandi adalah sebagai berikut:

Baca Juga : Capaian Vaksinasi Kota Malang Dosis Dua Dekati Angka 90 Persen

Wajib, yaitu apabila mengalami hal-hal yang mewajibkan mandi atau bernazar untuk melakukan mandi sunah. Sunah, yaitu jika terdapat hal yang menyebabkan mandi sebagimana akan dijelaskan nanti. 

Terdapat suatu kaidah untuk membedakan antara mandi wajib dan mandi sunah, yaitu setiap mandi yang faktor penyebab mandi tersebut mendahuluinya maka ukurannya ialah wajib, sebagaimana mandi haid dan setiap mandi yang faktor penyebabnya terjadi setelahnya maka hukumnya adalah sunah, sebagimana mandi Jumat.

Terdapat tiga waktu yang menurut Islam dan medis untuk dilarang mandi. Hal ini harus diketahui, karena terdapat risiko ketika mandi di waktu-waktu tersebut yang bisa menganggu kesehatan dalam jangka panjang.

Dari para ahli kesehatan, terdapat tiga waktu yang dilarang untuk mandi. Sebab pada waktu itu, kondisi jantung sedang lemah, sehingga berisiko menyebabkan kematian mendadak.

Tiga waktu itu yakni, 30 menit setelah shalat Ashar. Pada waktu ini, kondisi tubuh dalam darah sedang panas. Sehingga ketika mandi di waktu ini, maka dapat mengakibatkan rasa letih dan lelah.

Yang kedua adalah mandi setelah Magrib. Mandi pada waktu ini dilarang. Sebab, kondisi jantung pada saat ini mulai lemah. Mandi pada waktu ini juga meningkatkan risiko penyakit paru-paru basah.

Baca Juga : Manfaatkan Weekend, RSGM Unej dan Roxy Square Gelar Vaksin Pengunjung Mall

Dan waktu larangan mandi yang ketiga adalah setelah Isya' hingga pukul 12 malam. Sesudah Isya', merupakan kondisi dimana jantung manusia beristirahat. Mandi pada saat itu akan menyebabkan risiko kerusakan jantung.

Dan sebaliknya, terdapat waktu-waktu yang memang dapat dianjurkan untuk mandi. Waktu yang dianjurkan tersebut tentunya harus dimanfaatkan dengan baik karena pastinya terdapat manfaat tersendiri untuk kesehatan manusia. 

Waktu yang dianjurkan tersebut adalah mandi sebelum subuh atau pada saat subuh. Mandi pada saat tersebut, sangatlah direkomendasikan, sebab, kandungan ozon dalam air lebih tinggi sehingga membuat air lebih segar dan lebih awet muda.

Kemudian, waktu selanjutnya adalah mandi pada waktu Ashar. Mandi pada waktu itu, akan membuat tubuh jauh lebih segar. Selain itu, mandi pada waktu tersebut akan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tak mudah terkena penyakit. 

Nah itulah tadi waktu-waktu dimana untuk seseorang dilarang mandi dan diperbolehkan mandi. Semoga apa yang jadi pembahasan dari channel Ensiklopedia Al Fatih ini bisa menjadi informasi bermanfaat untuk menjaga kesehatan maupun kebersihan tubuh.  


Topik

Kesehatan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni