Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Komisi VII DPR dan BRIN Ajarkan Perbanyakan Bibit Jati dengan Teknologi Ex Vitro di Lamongan 

Penulis : M. Nur Ali Zulfikar - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

19 - Nov - 2021, 07:51

Placeholder
Petugas OR PPT BRIN saat praktik perbanyakan tanaman dengan teknologi ex vitro di Lamongan (foto: M. Nur Ali Zulfikar/ JatimTIMES)

JATIMTIMES - Anggota Komisi VII DPR RI Dyah Roro Esti bersama Organisasi Riset Pengkajian dan Penerapan Teknologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (OR PPT -BRIN) menggelar pelatihan perbanyakan bibit jati dengan metode ex vitro di Kecamatan Karangbinangun, Kabupaten Lamongan, Kamis (18/11/2021).

Dyah Roro Esti mengatakan, Kabupaten Lamongan menjadi salah satu wilayah prioritas pengembangan bibit jati menggunakan metode ex vitro. Tujuan utamanya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga : Hujan Deras di Blitar Sebabkan Tanah Longsor, Akses Jalan Penghubung Dua Desa Terputus

"Masyarakat diajari untuk perbanyakan bibit jati dengan metode ex vitro. Kami berharap kegiatan tersebut berjalan lancar dan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Semoga program ini bisa berkelanjutan," ungkap politikus Partai Golkar dari Dapil Lamongan - Gresik ini kepada Jatimtimes.com, Jum'at (19/11/2021).

Sementara itu, Soni Solistia Wirawan, Penanggung Jawab Program Kesehatan dan Pangan OR PPT-BRIN menjelaskan, perbanyakan tanaman yang dikembangkan melalui in vitro dan ex vitro. Sedangkan yang paling cocok di daerah ini adalah melalui ex vitro.

"Jadi proses perbanyakannya tanaman dengan metode ex vitro ini cepat, efisien dan kualitasnya sangat baik. Sehingga persentase keberhasilan hidupnya sangat tinggi," jelasnya

Sedangkan cara perbanyakan tanaman melalui metode ex vitro dengan teliti dan cermat. Kepala Balai Bioteknologi OR PPT - BRIN Anis Herliyati Mahsunah menerangkan bahwa ada beberapa tahapan yang harus dilakukan dalam metode ex vitro.

Baca Juga : Diduga Cabuli Siswanya, Guru Olahraga di Lumajang Diringkus Polisi

"Ex vitro ini adalah salah teknologi perbanyakan tanaman yang kami kembangkan. Caranya tangkai pohon jati ini nanti akan kami potong, kemudian dikasih formula, hormon dan vitamin. Tujuannya untuk mempercepat pertumbuhan akar dan tunas, perkembangan tanamannya secara vegetatif, pertumbuhannya dalam seminggu. Ini tadi ada 1000 bibit jati berkualitas yang akan kita perbanyak," terangnya.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Nur Ali Zulfikar

Editor

Sri Kurnia Mahiruni