Gali Tanah Pekarangan, Warga Tuban Temukan 26 Mortir dan 19 Peluru | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Gali Tanah Pekarangan, Warga Tuban Temukan 26 Mortir dan 19 Peluru

Nov 11, 2021 16:15
Puluhan Martir dan Peluru Peninggalan zaman Belanda di Banyuurip, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban (11/11/2021) (Foto Ahmad Istihar/Jatim TIMES)
Puluhan Martir dan Peluru Peninggalan zaman Belanda di Banyuurip, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban (11/11/2021) (Foto Ahmad Istihar/Jatim TIMES)

JATIMTIMES - Warga di kawasan Banyuurip, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban dihebohkan penemuan puluhan mortir dan selongsong amunisi peluru peninggalan zaman Belanda di tanah pekarangan rumah, Kamis (11/11/2021). Total ada 26 mortir dan 19 selongsong amunisi peluru. 

Mortir dan selongsong amunisi ini kali pertama oleh pekerja atau tukang saat memindahkan tanah padas untuk pengurukan dasaran lantai tanah tempat tinggal Dwi Stiyowati (30). 

Baca Juga : Warga Jember Keluhkan Lemotnya Proyek Drainase U-Ditch

"Tadinya tukang-tukang hendak memindahkan tanah-tanah ini untuk menguruk. Setelah mendapati adanya mortir dan peluru kita laporkan ke TNI," kata Atik sapaan Dwi Stiyowati kepada Jatim TIMES, Kamis (11/11/2021) 

Atik melaporkan ke Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut Babinpotmar Peltu Sudikan, putra asli kelahiran Wonosari, dengan Desa Banyuurip, lokasi penemuan mortir dan selongsong peluru. 

"Tadi siang ada warga yang lapor penemuan mortir dan peluru. Kemudian kita koordinasikan dengan Forkopimcam kecamatan Senori," ungkap Peltu Sudikan

Diceritakan penemuan puluhan mortir dan selongsong amunisi peluru di pekarangan rumah itu, kali pertama ditemukan pekerja atau tukang saat melakukan penggalian tanah padas untuk penggurukan tempat tinggal rumah. "Saat pengerukan tanah padas di kedalam 1 meter itulah, mortir dan amunisi peluru ditemukan secara terpisah," imbuh Sudikan. 

Baca Juga : Viral, Anggota Polantas Tilang Pengendara Tapi Tetap Minta Uang

Sementara Kapolsek Senori AKP Ali Kanapi mengatakan, rencananya mortir dan amunisi akan dievakuasi tim Gegara Brimob Polda Jatim. "Kita lakukan koordinasi ke pimpinan. Rencananya akan dievakuasi langsung oleh Brimob Polda Jatim," ungkap AKP Ali Kanapi

Pantauan di lokasi kawasan aparat keamanan TNI - Polri melakukan pengamanan dan memasang garis polisi sambil menunggu tim evakuasi mortir dan amunisi peluru tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
kabupaten tuban sudikan

Berita Lainnya