Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Disnaker Tutup Sosialisasi Perundang-undangan di Bidang Cukai, PMI Kabupaten Blitar Siap Jadi Pengusaha Sukses

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Pipit Anggraeni

06 - Nov - 2021, 12:14

Placeholder
Sekretaris Disnaker Kab Blitar, Nanang Adi menutup Sosialisasi Perundang-undangan di Bidang Cukai Gelombang V.(Foto : Aunur Rofiq/JATIMTIMES)

JATIMTIMES- Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan di Bidang Cukai yang digelar Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Blitar dengan sasaran Calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan Purna PMI berlangsung sukses. Suksesnya kegiatan ditandai dengan penutupan sosialisasi Angkatan V oleh Sekretaris Disnaker Nanang Adi pada Sabtu (6/11/2021).

Dikatakan Nanang Adi, kegiatan sosialiasi diikuti 100 orang peserta yang dibagi dalam 5 gelombang. Masing-masing gelombang diikuti 20 orang peserta. Dalam agenda ini peserta mendapatkan banyak materi. Diantaranya materi tentang Bea Cukai, Perekonomian, Pelatihan Kewirausahaan, Motivasi Bussiness Plan, Digital Marketing serta Manajemen Keuangan. Khusus di gelombang kelima, untuk materi pelatihan kewirausahaan peserta dibekali pelatihan tata boga.

Baca Juga : Perkuat Pasar Modal Indonesia, Pemerintah Kembangkan SDM dan Ekosistem Kewirausahaan 

 

“Pelatihan hari ini adalah angkatan kelima atau terakhir. Pelatihan yang kita gelar ada lima angkatan dengan materi sama.Pelatihan resmi kita tutup hari ini,” kata Nanang Adi.

Nanang menambahkan, digelarnya sosialisasi ini diharapkan akan dapat memberikan pemahaman kepada calon dan purna PMI terkait dengan peraturan Perundang-undangan di Bidang Cukai. Ini karena PMI yang bekerja di luar negeri pasti membawa pulang barang-barang dari Negara tempat dia bekerja. Disnaker berupaya meminimalisir permasalahan karena membawa barang dari luar negeri berpotensi membuat PMI terjerat masalah.

“Peraturan tiap Negara itu kan berbeda terkait dengan barang dan barang bawaan.  Nah, melalui sosialisasi ini kami berharap mereka akan dapat memahami dan tahu barang-barang apa saja yang dilarang untuk dibawa,” jlentrehnya.

Selain paham aturan Perundang-undangan di Bidang Cukai, peserta dari kegiatan ini yakni calon dan purna PMI akan dapat menjadi wirausahawan baru. Mereka terlepas dari ketergantungan bekerja di luar negeri dan ikut berkontribusi mengangkat perekonomian daerah dengan berwirausaha.

“Kami akan terus memberikan pelatihan dan pendampingan kepada calon dan purna PMI sebagai wujud Negara hadir. Harapannya ke depan mereka bisa lepas ketergantungan bekerja di luar negeri dan ikut mengangkat ekonomi daerah dengan sukses berwirausaha,” tegasnya.

Di kesempatan sebelumnya, Kepala Disnaker Kabupaten Blitar, Mujianto, mengatakan pembekalan kepada calon TKI khususnya pada kegiatan ini sangat penting. Menurut dia, terus menurunnya kasus Covid-19 membuat sejumlah Negara-negara di dunia mulai membuka pintu bagi pekerja migran khususnya yang berasal dari Indonesia.

Baca Juga : Ekonomi Triwulan-III 2021 Tumbuh Positif, Beri Optimisme Pencapaian Target Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan 

 

“2020 sama sekali tidak ada Negara yang membuka pintu bagi pekerja migran. Semoga akhir tahun ini ada dan PMI kita bisa berangkat bekerja ke luar negeri. Kegiatan ini memberikan modal penting untuk PMI kita,” tukasnya.

Mujianto menyampaikan sejumlah pesan kepada peserta. Diantaranya kepada PMI yang akan berangkat agar berhati-hati selama bekerja di luar negeri. Sementara bagi purna PMI agar semangat menjalankan wirausaha di daerah asal.

“Pesan kami, bagi PMI yang mau berangkat sering-seringlah berkomunikasi dengan  Disnaker. Ini untuk mengeliminir adanya oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Lalu untuk purna PMI, dengan pelatihan ini harapan kami bisa meningkatkan kualitas usaha bagi yang berwirausaha. Kita ingin uang yang diperoleh bisa menjadi modal dasar, tidak untuk konsumerisme dan tidak selamanya jadi pekerja migran,” tutupnya. (Adv/Kmf)


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Pipit Anggraeni