Jatim Times Network Logo
07/02/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Hampir Setahun Tertimbun Material Vulkanik Semeru, Alat Berat Akhirnya Ditemukan

Penulis : Asmadi Lumajang - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

05 - Nov - 2021, 06:36

Lokasi alat berat yang ditemukan (Foto: Asmadi/ JatimTIMES )
Lokasi alat berat yang ditemukan (Foto: Asmadi/ JatimTIMES )

JATIMTIMES - Satu alat berat tambang pasir yang tertimbun material vulkanik erupsi Semeru pada 1 Desember 2020 lalu berhasil ditemukan di lokasi tambang Curah Koboan, Desa Sepiturang, Kecamatan Pronijiwo, Lumajang, Jumat (5/11).

Alat berat jenis loader itu terseret dan tertimbun material vulkanik Semeru menit yang berada di lahan tambang lereng Semeru.  

Baca Juga : Total Baru 4 Jenazah Korban Perahu Karam Ditemukan, Berikut Namanya

"Pada tanggal (4/11) kemarin, satu alat berat excavator yang tertimbun material erupsi Semeru ditemukan," ujar Iwan (32) salah satu penambang di area tersebut.

Iwan menambahkan, alat berat tersebut terseret hampir 1 KM dari tempat pertama alat berat tersebut ditempatkan.

"Alat tambang tersebut ditemukan dalam kondisi berkarat dan hangus, karena sisa material lava yang tersisa masih panas dan berasap," ujarnya.

Selanjutnya, alat berat itu ditarik ke tepi dengan menggunakan alat berat lain agar sisa besinya bisa dimanfaatkan.

Baca Juga : Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko Nostalgia Kupas Bawang Bersama Relawan di Dapur Umum

"Hingga saat ini, masih ada 6 alat berat yang masih tertimbun tumpukan material vulkanik Gunung Semeru. Karena saat erupsi terjadi, terdapat 13 alat berat yang tertimbun material vulkanik Gunung Semeru," ungkapnya.

Diketahui saat erupsi semeru terjadi banyak alat tambang yang tertimbun dahsyatnya lava panas Gunung Semeru. Beruntung tidak ada korban jiwa, ketika gunung tertinggi di pulau Jawa ini terjadi.


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Asmadi Lumajang

Editor

Sri Kurnia Mahiruni

Berita Lainnya