Peternak Desa Olehsari Ikuti Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak Ruminansia Hewan Sistem Fermentasi | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Peternak Desa Olehsari Ikuti Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak Ruminansia Hewan Sistem Fermentasi

Oct 28, 2021 19:45
Joko Mukhlis, Kepala Desa Olehsari (nomor 3 dari kanan) saat memberikan sambutan pembukaan Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak Ruminansia Hewan (Sapi/ Kambing) Sistem Fermentasi Tahun 2021 di kantor Desa Olehsari Kecamatan Glagah Banyuwangi (Nurhadi Banyuwangi/ JatimTIMES)
Joko Mukhlis, Kepala Desa Olehsari (nomor 3 dari kanan) saat memberikan sambutan pembukaan Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak Ruminansia Hewan (Sapi/ Kambing) Sistem Fermentasi Tahun 2021 di kantor Desa Olehsari Kecamatan Glagah Banyuwangi (Nurhadi Banyuwangi/ JatimTIMES)

JATIMTIMES-Dalam upaya meningkatkan mutu dan kualitas peternakan rakyat, pemerintah desa (Pemdes) Olehsari Kecamatan Glagah Banyuwangi menggelar pelatihan pembuatan pakan ternak ruminansia (sapi/kambing) sistem fermentasi tahun 2021 di kantor Desa Olehsari Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi, Kamis (28/10/2021).

Menurut Joko Mukhlis, Kepala Desa (Kades) Olehsari, untuk wilayah Kecamatan Glagah program kegiatan pelatihan pengolahan pakan ternak ini mungkin pertama. Dalam program kerja desa dan melalui dana desa (DD) menganggarkan program kegiatan pemberdayaan masyarakat, khususnya bagi peternak sapi dan kambing.

Baca Juga : Angkat Ekonomi Rakyat, PT Greenfields Indonesia Farm 2  Buka Peluang Kemitraan untuk Warga Blitar

“Harapan kami kedepannya untuk meningkatkan mutu dan kualitas peternak terutama di dalam pembuatan pakan untuk lebih mempermudah dan meningkatkan produksi baik yang peternak untuk bridding dan usaha penggemukan,” jelas Joko.

Alumni SMA Katolik Banyuwangi itu menuturkan jumlah peserta sesuai dengan protokol kesehatan adalah 25 orang yang berasal dari desa setempat dan sebagian peternak dari desa lain.

Adapun narasumber yang memberikan materi pelatihan  Drh Alifnur Rifqi Alhana Medis Veteriner Pusat KesehatanHewan (Puskeswan) Licin yang wilayah kerjanya Kecamatan Licin Glagah dan Kabat. Kemudian Hafid Nawa Wahyono, Spt yang menyampaikan materi Cara Membuat Pakan Ternak Ruminansia Fermentasi.

Joko menambahkan dengan adanya kegiatan yang digear pihaknya beharap bisa bermanfaat untuk para peternak. Program kegiatan yang digelar bisa ditingkatkan dan berkelanjutan.

”Harapannya masyarakat khususnya peternak tidak bingung lagi untuk pengolah pakan kalau bahasa Osingnya tidak harus ngarit tetapi memakai alat pencacah dan difermentasi. Cara yang lebih mudah dan simpel sehingga pada musim penghujan tidak bingung untuk kegiatan ngarit untuk kebutuhan ternak mereka,” imbuhnya.

Sampai saat ini jumlah peternak di Desa Olehsari ini ada kurang lebih 172 tukang ngarit artinya populasi sapi kurang lebih antara 500 ekor. Sedangkan untuk  kambing itu 10 persen dari ternak sapi kurang lebih antara 30 sampai 70 ekor.

Sementara Drh Alifnur Rifqi Alhana, dalam pemaparanya lebih menekankan untuk berbagai pengalaman sesuai dengan bidangnya penyakit yang biasa dijumpai pada hewan ternak.

Baca Juga : 30 Sekdes PNS di Tulungagung Bakal Ditarik ke Pemkab, Sisanya Masih Menunggu Perkembangan

Untuk itu sejak awal dia mengingatkan bagi masyarakat yang beternak sapi atau kambing untuk menetapkan tujuan awal spesifik. Ada beberapa pilihan antara lain; untuk pembibitan, bridding  atau penggemukan .

Sehingga dalam melakukan usaha peternakan masyarakat sejak awal diharapkan mampu memilih bibit yang bagus, management pakan dan kandang yang bagus serta menyesuaikan dengan potensi lokasi yang ada.

Sedangkan Hafid Nawa Wahyono,. Spt yang menyampaikan materi cara membuat pakan ternak ruminansia fermentasi mulai dari membuat perencanaan, menyiapkan peralatan dan menyiapkan bahan. Kemudian langkah membuat pakan fermentasi serta  menyiapkan pakan sudah bisa diberikan kepada hewan ternak .

Selain memberikan teori dalam pelatihan tersebut Hafid juga melakukan praktik kepada para peserta dengan berbagai peralatan yang sudah disiapkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
patihan pakan ternak Pakan Ternak

Berita Lainnya