06/12/2022 Geliat Ekonomi di Tengah Dibukanya Bumi Perkemahan Walikukun Tulungagung | Jatim TIMES

Geliat Ekonomi di Tengah Dibukanya Bumi Perkemahan Walikukun Tulungagung

Oct 22, 2021 20:26
Sobar dan Khomsiah, pemilik warung di dekat lokasi Buper Walikukun / Foto : Anang Basso / Tulungagung TIMES
Sobar dan Khomsiah, pemilik warung di dekat lokasi Buper Walikukun / Foto : Anang Basso / Tulungagung TIMES

Pewarta: Anang Basso | Editor: A Yahya

JATIMTIMES - Dibukanya lahan bumi perkemahan Ma’arif NU Kabupaten Tulungagung di lahan Perhutani di kawasan Pegunungan Walikukun, Desa Junjung, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung ini juga disertai geliat ekonomi masyarakat sekitar. 

Setelah akses jalan dibangun dan mulai dilakukan pembenahan, tumbuh lokasi usaha berupa warung yang didirikan masyarakat sekitar. 

Baca Juga : Hari Santri, Spirit Bangkitnya Kembali Pondok Ngadirogo, Salah Satu Pusat Dakwah Tertua di Tulungagung

"Alhamdulillah, warung yang kami dirikan juga dapat berkah dari adanya bumi perkemahan ini," kata Khomsiah, pemilik warung di tanah perpajakan dekat lokasi buper Maarif NU, Jumat (22/10/2021). 

Lanjutnya, lokasi Buper sendiri selalu di kunjungi anggota pramuka dari berbagai daerah. Utamanya, hari Sabtu dan Minggu, warung di sekitar lokasi dipastikan panen rejeki karena banyak pengunjung yang mampir untuk sekedar ngopi. 

"Bahkan demi keamanan juga harus kami siapkan tempat sepeda, soalnya jika pengunjung naik untuk berkemah kendaeaan ditinggal lama," ujar suami Khomsiah, Sobarianto. 

Selain warung miliknya, beberapa warung semi permanen juga tampak berjajar di satu lokasi. Ditempat ini, selain bisa santai juga disiapkan menu makanan hingga berbagai minuman. 

"Jika ada handphone yang kehabisan baterai, disini kami siapkan aliran listrik yang dapat digunakan charge gratis," paparnya.

Baca Juga : Bupati Mas Tamam Ajak Santri Sukseskan MTQ ke- XXIX Se-Jatim di Bumi Gerbang Salam

Seperti diketahui, kerja sama dengan pihak Perhutani RPH Blitar yang dilakukan Maarf NU di kawasaan Pegunungan Walikukun sekitar 60 hektar untuk digunakan sebagai lahan bumi perkemahan. 

Seiring dengan semakin menyempitnya lahan untuk berkemah, terobosan ini menjadi salah satu solusi bagi Pramuka di Tulungagung dan sekitarnya untuk dapat mendirikan tenda yang menyatu dengan alam. 

Judul berita Geliat Ekonomi di Tengah Dibukanya Bumi Perkemahan Walikukun Tulungagung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Bumi Perkemahan pegunungan walikukun

Berita Lainnya