Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

LMDH dan Perhutani Lumajang Tanam Pinang dan Mahoni Berkonsep Sedekah Pohon

Penulis : Moch. R. Abdul Fatah - Editor : A Yahya

15 - Oct - 2021, 23:32

Placeholder
Wakil Bupati Lumajang Ir. Hj. Indah Amperawati dan Lesmana Jaya Putra dalam acara penanaman pohon pinang ((Foto : Moch. R. Abdul Fatah / JatimTIMES)

JATIMTIMES - Bertempat di kawasan hutan Petak 16A dan 16A kawasan Perhutanan Sosial Wonolestari Desa Burno Kecamatan Senduro, Lumajang, pada hari ini, Jumat (15/10) dilakukan 1.100 bibit pohon pinang dan Mahoni.

Penanaman ini dihadiri oleh Wakil Bupati Lumajang Ir. Indah Amperawati, Ketua DPRD Lumajang H. Anang Ahmad Syaifudin dan sejumlah undangan lainnya.

Baca Juga : Siap Bersaing, Bramole Beras Ramah Lingkungan Asli Kota Kediri

Asper KBKPH Perhutani di Senduro Lesmana Jaya Putra, S.Hut kepada Jatimtimes mengatakan, untuk petak 16A merupakan bekas tanaman milik Perhutani yang sudah ditebang beberapa waktu lalu dengan jenis tanaman Damar.

"Sekarang sudah kita tanam pinus di petak 16A sebagai pengganti dari tanaman Damar. Penanaman pinang ini merupakan tanaman tepi kawasan hutan, namun hasilnya bisa dinikmati masyarakat setempat," kata Lesmana Jaya Putra kepada Jatimtimes.

Tanaman pinang ini dipilih atas permintaan masyarakat setempat, yang selama ini menjadi bagian dari program perhutanan sosial di desa Burno.

"Untuk kawasan yang masuk di Perhutanan Sosial jarak tanamnya memang dibuat 6x3 meter. Sehingga ada peluang bagi masyarakat untuk bercocok tanaman di sela-sela tanaman inti, yakni pinus," karena jeas Lesmana Jaya Putra.

Tentang konsepnya sendiri, Lesmana Jaya Putra menyebutnya sebagai sedekah pohon. Karena pohon berusia cukup lama, maka sejak penanaman sampai dengan pengamanan pohon tersebut.

"Usaha menanam pohon ini kami yakini akan memberikan manfaat kepada masyarakat, dan merupakan sebuah langkah positif untuk kelestarian alam. Ini kalau dilakukan dengan ikhlas dan dijaga dengan sepenuh hati, maka akan menjadi sedekah yang baik untuk alam. Inilah yang kami sebut sedekah pohon, karena masing-masing orang memiliki tanggungjawab untuk merawatnya," jelas Lesmana Jaya Putra kemudian.

Baca Juga : Berkat Kenduri di Tulungagung Sering Mubazir Tak Dimakan, Solusi Ini Dapat Dicoba

Pada dua petak yang sudah menjadi kawasan perhutanan sosial, selama ini dimanfaatkan masyarakat setempat untuk menanam tanaman produktif yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

"Di sela-sela tanaman inti itu sebagaian besar masyarakat menanam jagung. Nah selain jagung, tanaman pinang diharapkan nantinya akan memiliki manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat," urai Lesmana kemudian.

Pada acara penanaman hari ini, Ketua DPRD Lumajang H. Anang Ahmad Syaifuddin dan Wakil Bupati Lumajang Ir. Hj. Indah Amperawati juga ikut menaman yang dikuti oleh masyarakat yang tergabung dalam LMDH Wonolestari desa Burno.

Dari 1.100 pohon yang ditanam pada hari ini, 700 bibit jenis pinang, sedangkan 400 sisanya bibit mahoni. 


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moch. R. Abdul Fatah

Editor

A Yahya