Pagu Anggaran Proyek MCC Tahap 2 Berkurang, DPUPRPKP Pastikan Tak Kurangi Kualitas | Jatim TIMES

Pagu Anggaran Proyek MCC Tahap 2 Berkurang, DPUPRPKP Pastikan Tak Kurangi Kualitas

Oct 14, 2021 12:27
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang Diah Ayu Kusuma Dewi. (Foto: Dokumentasi JatimTIMES)
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang Diah Ayu Kusuma Dewi. (Foto: Dokumentasi JatimTIMES)

JATIMTIMES - Proyek Malang Creative Center (MCC) saat ini tengah dikerjakan. Gedung yang disiapkan untuk memfasilitasi para pelaku industru kreatif di Kota Malang tersebut baru dalam pengerjaan tahap awal.

Namun, proyek yang dikerjakan secara multiyears untuk tahap kedua nanti mengalami penurunan nilai anggaran. Sebelumnya, total anggaran pengerjaan tersebut diproyeksikan sebesar Rp 100 miliar.

Baca Juga : Dapat Anggaran DBHCHT 4,1 Miliar, RSUD Moh Anwar Sumenep Tambah Fasilitas Kesehatan

Rinciannya, tahap pertama tahun 2021 ini dianggarkan  Rp 25 miliar. Sedangkan tahun 2022 mendatang, rencana awal dianggarkan Rp 75 miliar.

Tetapi, dalam pembahasan final Rancangan Perda APBD Kota Malang Tahun 2022, tahap kedua pembangunan MCC ditetapkan bakal memakan anggaran Rp 73 miliar atau bekurang Rp 2 miliar dari pagu awal.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPRPKP) Kota Malang Diah Ayu Kusuma Dewi mengatakan pengurangan tersebut bukanlah hasil dari kesepakatan antara legislatif dan eksekutif, melainkan hasil proses lelang yang ditawar oleh kontraktor hingga didapati besaran Rp 73 miliar.

"Itu pagu. Setelah tender, ada selisihnya. Kan lelang itu ada tawar-menawar, tapi tetap dengan spesifikasi. Kontraknya menjadi Rp 73 miliar. Jadi, bukan pemangkasan," ujar Diah.

Berkurangnya anggaran tahap kedua pembangunan tersebut diyakini tidak akan mengurangi mutu atau kualitas pekerjaan MCC. Sebab, saat proses sebelum kesepakatan kontrak sudah disepakati perhitungan hingga proses penegerjaan sesuai yang disyaratkan Penkot Malang.

"Tidak. Sama sekali mengurangi kualitas atau mutu pekerjaan. Karena itu, nilanya masih wajar. Itu hasil proses penawaran saat lelang konstruksi dengan peserta tender yang jadi pemenang," jelas Diah.

Saat ini, progres pengerjaan tahap awal MCC mencapai kurang lebih sekitar 23 persen. Pemkot menargetkan akhir tahun ini sudah mencapai 40 persen pembangunan. 

Baca Juga : Pemdes Pikul Biaya Operasional Vaksinasi, Ini Komentar Sejumlah Kades

Penyelesaian tahapan pertama pembangunan hingga akhir tahun ini yakni pada rangka bangun atau fondasi. Artinya tahun ini, MCC hanya akan terbangun fondasi, kolom bangunan, hingga struktur bangunan utama. "Target sampai akhir tahun 40 persenan lah," imbuh Diah.

Lebih jauh, perempuan yang juga menjabat sebagai plt asisten perekonomian dan pembangunan Setda Kota Malang ini menyebutkan, bangunan MCC baru bisa dimanfaatkan setelah pengerjaan tuntas pada pertengahan tahun 2022 mendatang.

"Tahun depan selesai. Targetnya begitu. Minggu ketiga bulan Juli 2022 di kontraknya selesai," pungkas Diah.

Sebagai informasi, MCC akan dibangun setinggi 8 lantai di lahan eks gedung PDAM di kawasan Jl Achmad Yani. MCC nantinya, akan dijadikan sebagai pusat kegiatan ekonomi kreatif yang memfasilitasi pelaku ekonomi kreatif asal Kota Malang.

Topik
Malang Creative Centre Kota Malang Pembangunan Malang Creative Center mcc kota malang Pemkot Malang DPUPRPKP Kota Malang

Berita Lainnya