Digelar di Rumah Warga, Cara Pemdes Jubung Percepat Capaian Vaksinasi Warganya | Jatim TIMES

Digelar di Rumah Warga, Cara Pemdes Jubung Percepat Capaian Vaksinasi Warganya

Oct 14, 2021 11:17
Vaksinasi yang digelar oleh Pemdes Jubung bersama PMI yang digelar di rumah warga (foto: Moh. Ali Makrus / Jember TIMES)
Vaksinasi yang digelar oleh Pemdes Jubung bersama PMI yang digelar di rumah warga (foto: Moh. Ali Makrus / Jember TIMES)

JATIMTIMES - Upaya vaksinasi terus dilakukan semua pemangku kebijakan di Kabupaten Jember untuk mempercepat capaian vaksin 70 persen pada akhir tahun. Namun hingga saat ini, capaian dari target tersebut masih jauh dari harapan, dimana capaian vaksinasi hingga saat ini masih di bawah 50 persen.

Dengan kenyataan tersebut Pemerintah Desa (Pemdes) Jubung menggunakan kiat dengan menggelar vaksin di rumah warga, seperti yang digelar pada Kamis (14/10/2021) di Dusun Jubung Lor Desa Jubung Kecamatan Sukorambi Jember.

Baca Juga : Harga Telur Anjlok, Pemkab Jombang Minta OPD Borong Telur

Hasilnya, dengan menggelar vaksin di rumah warga, animo masyarakat lebih tinggi dibandingkan digelar di balai desa, dari 200 sasaran, jumlah peserta melonjak menjadi 400, sehingga petugas medis harus menambah dosis vaksin.

"Ini memang upaya kita untuk mendekatkan diri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, di mana saat kegiatan vaksin beberapa waktu lalu digelar di balai desa, jumlah warga dari Dusun Jubung Lor tidak begitu banyak, makanya kita buat vaksinasi digelar di rumah warga, dan hasilnya cukup memuaskan," ujar Kepala Desa Jubung Bhisma Pradana.

Bhisma menjelaskan, bahwa vaksinasi yang digelar ini merupakan kerjasama antara Pemdes Jubung dengan PMI Jember dan Dinkes. Di mana beberapa waktu lalu pihaknya sempat mengajukan vaksin ke Dinkes namun stoknya habis, begitu ada dosis vaksin di PMI Jember, pihaknya langsung gerak cepat dengan mengajukan vaksinasi.

"Memang dulu kita pernah minta 1000 dosis untuk vaksin warga kami, namun persediaan di Dinkes waktu itu habis, dan hanya mendapat jatah 300, namun kemarin ketika ada dosis di PMI, langsung kami mengajukan untuk menggelar di desa kami," jelas Bhisma.

Selain itu, antusiasme warga dalam mengikuti vaksin yang digelar di rumah warga, selain mendekatkan pelayanan ke masyarakat, juga ada faktor lain yang mempengaruhi animo warga, salah satunya warga yang enggan meninggalkan rumah karena adanya pekerjaan.

Yulia Purnamasari selaku Camat Sukorambi yang ikut memantau langsung kegiatan vaksin di rumah warga tersebut mengapresiasi langkah yang sudah dilakukan Kades Jubung, menurut camat perempuan satu satunya di Kabupaten Jember ini, terlebih mindset di masyarakat saat ini mau ikut vaksin kalau ada ajakan dan imbauan dari tokoh masyakarat di lingkungannya.

Baca Juga : Pemdes Pikul Biaya Operasional Vaksinasi, Ini Komentar Sejumlah Kades

"Apa yang dilakukan Kades Jubung ini bisa ditiru oleh kades yang lain, karena memang ajakan vaksin di desa, banyak warga yang enggan vaksin, namun ketika ada tokoh sekitarnya yang mengajak, mereka akan berbondong-bondong, sehingga peran tokoh masyarakat juga sangat penting," ujar Yulia.

Sementara M. Ghufron selaku Humas PMI Kabupaten Jember, dalam kesempatan tersebut mengatakan, bahwa saat ini PMI Kabupaten Jember mendapat bantuan 5000 dosis vaksin Sinovac dari PMI Jatim.

Dan selama 1 minggu ini, pihaknya sudah melakukan vaksin ke beberapa lokasi di pedesaan dan pesantren, untuk membantu pemerintah daerah dalam mempercepat capaian vaksinasi, hingga saat ini, sedikitnya sudah mencapai 3000 dosis vaksin yang sudah disuntikkan ke warga.

"Alhamdulillah, dalam satu minggu ini sudah 3000 dosis yang sudah disuntikkan ke warga dari 5000 dosis yang kami terima dari PMI Jatim, saat ini tersisa 2000 dosis, dan dalam waktu dekat sudah habis, karena sudah ada beberapa titik yang mengajukan vaksin lewat PMI," pungkas Ghufron. (*)

Topik
Vaksinasi Covid 19 Vaksin Covid 19 vaksinasi jember

Berita Lainnya