Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Vaksin Pfizer Mulai Bisa Diberikan ke Warga Pekan Depan

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

03 - Oct - 2021, 19:07

Placeholder
Tenaga kesehatan saat menyuntikkan vaksin Covid-19. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Kota Batu sudah mendapatkan distribusi vaksin Covid-19 dengan jenis Pfizer. Rencananya vaksin Pfizer akan disuntikkan kepada warga di Kota Batu pekan mendatang.

Vaksin Pfizer sudah diterima okeh Kota Batu beberapa saat lalu. Namun dalam penggunaannya berbeda dengan vaksin yang sebelumnya diberikan seperti Sinovac, Aztra Zeneca, dan beberapa lainnya.

Baca Juga : Dua Pekan Operasi Gabungan Bubarkan 370 Orang di Kota Batu

Sebab tata cara pemberian vaksin berbeda dengan vaksin lainnya. Vaksin ini perlu diencerkan terlebih dahulu. Kemudian alat suntik yang digunakan juga berbeda ukurannya, lantaran dosis yang diberikan pun berbeda dengan jenis yang sebelumnya. Vaksin Pfizer membutuhkan alat suntik ukuran 0,3 dosis.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Batu, Onny Ardianto mengatakan, seluruh kelengkapan untuk mendukung vaksinasi Covid-19 Pfizer telah dilakukan. Sehingga vaksin ini sudah bisa diberikan kepada warga Kota Batu.

“Mulai Minggu depan kami akan mulai menggunakan vaksin Pfizer,” kata Onny, Minggu (3/10/2021). Kota Batu mendapatkan vaksin Pfizer sebanyak 2.730 vial. Dalam satu vialnya bisa digunakan untuk enam orang, dengan demikian totalnya mencapai 16.380 dosis.

Sedang, vaksin Pfizer adalah vaksin mRNA (messenger RNA). Jenis vaksin ini akan memicu sistem-sistem kekebalan tubuh membentuk spike protein, yang nantinya akan membantu tubuh membentuk antibodi yang dapat melawan virus Corona.

Baca Juga : Kapten Tim Absen, Arema FC Waspadai Ivan Carlos

Berdasarkan uji klinis tahap III yang dilakukan di Amerika Serikat, Jerman, Turki, Afrika Selatan, Brazil, dan Argentina, vaksin Pfizer memiliki nilai efikasi, yakni efek perlindungan terhadap Covid-29 sebesar 95 persen.


Topik

Kesehatan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni