Antara GS dan Panhis, Inilah Pilihan Golkar dalam Pilwabup Tulungagung Mendatang | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Antara GS dan Panhis, Inilah Pilihan Golkar dalam Pilwabup Tulungagung Mendatang

Sep 07, 2021 19:24
KH Asmungi Zaini, ketua DPD II Golkar Kabupaten Tulungagung / Foto : Anang Basso / Tulungagung TIMES
KH Asmungi Zaini, ketua DPD II Golkar Kabupaten Tulungagung / Foto : Anang Basso / Tulungagung TIMES

JATIMTIMES - Peta pertarungan pemilihan wakil bupati Tulungagung yang akan digelar dalam Rapat Paripurna DPRD tanggal 18 September 2021 mendatang masih simpang siur. Pasalnya, kedua calon yakni Gatut Sunu Wibowo yang di usung PDIP dan Panhis Yodhy Wirawan dari Partai Nasdem sama-sama punya peluang menang.

Partai Golkar, salah satu partai besar dan meraih jabatan wakil ketua di DPRD Kabupaten Tulungagung menegaskan, belum menjatuhkan pilihan politiknya baik ke Gatut Sunu (GS) atau ke Panhis.

Baca Juga : Klaim Wali Kota Eri Cahyadi soal Surabaya Masuk PPKM Level 2 Dianggap Bisa Menyesatkan

"Arah Golkar mengikuti regulasi partai. Artinya linear dengan kebijakan DPD Tingkat Provinsi atau DPP," kata Ketua DPD Golkar Kabupaten Tulungagung KH Asmungi, Rabu (7/9/2021). 

Saat ini, DPD II Golkar Tulungagung masih menunggu surat balasan dari DPD I Jawa Timur terkait kebijakan terkait siapa yang akan didukung. Hingga saat ini, kedua calon, menurut Asmungi, hanya melakukan pendekatan normatif. 

"Kedua calon sudah mendekat, baik ke partai atau perorangan, namun ya pendekatan normatif saja," ungkapnya. 

Enam anggota DPRD fraksi Golkar Tulungagung diharapkan akan kompak satu suara ke satu calon sesuai dengan petunjuk partai. Asmungi belum dapat memberikan gambaran siapa yang akan ditentukan sebagaimana surat yang dikirimkan. Jika ternyata ada petunjuk berupa balasan surat, partai beringin ini akan meminta kepada seluruh anggotanya untuk mematuhi. 

"Jika tidak patuh, kita lihat saja nanti (konsekuensinya) baik tertulis atau tidak," paparnya. 

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Bank Jatim Catatkan Pertumbuhan Kredit Positif 8,72 Persen

Jika dari DPD Tingkat I Propinsi tidak memberikan petunjuk calon mana yang akan dipilih, Asmungi masih melihat perkembangan politik di Tulungagung. "Kita lihat perkembangan politik, nanti kurang berapa hari akan kita tentukan," imbuhnya. 

Seperti diketahui, dua calon yang akan mendampingi Bupati Maryoto Birowo masih belum bisa diprediksi. Meski PDIP mempunyai 13-1 kursi dan Partai Nasdem memiliki 3 kursi, persaingan Gatut Sunu vs Panhis masih sama-sama terbuka peluang menang. 

PDIP sendiri terus melakukan komunikasi intensif dengan partai lain untuk mencapai 50+1 suara. Sementara, Nasdem sendiri kabarnya telah juga membentuk koalisi dengan beberapa partai yang juga punya optimisme untuk memenangkan pertarungan pengisian wakil bupati Tulungagung ke depan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Pemilihan wabup Tulungagung gatut sunu wibowo

Berita Lainnya