07/02/2023 Top! Desa Semen KWE Puspa Jagad Blitar Raih Juara 3 Desa Wisata Award 2021 Kategori Desa Wisata Kreatif | Jatim TIMES

Top! Desa Semen KWE Puspa Jagad Blitar Raih Juara 3 Desa Wisata Award 2021 Kategori Desa Wisata Kreatif

Sep 04, 2021 10:25
Desa Semen KWE Puspa Jagad raih prestasi membanggakan di ajang Desa Wisata Award 2021.(Foto : Istimewa/Pemkab Blitar)
Desa Semen KWE Puspa Jagad raih prestasi membanggakan di ajang Desa Wisata Award 2021.(Foto : Istimewa/Pemkab Blitar)

Pewarta: Aunur Rofiq | Editor: Pipit Anggraeni

JATIMTIMES - Prestasi membanggakan kembali diraih Kabupaten Blitar. Kali ini Desa Wisata Semen, Kampung Wisata Ekologis (KWE) Puspa Jagad, Kecamatan Gandusari sukses mengukir prestasi di tengah pandemi. Desa itu menyabet juara ketiga kategori Desa Wisata Kreatif 2021 dalam ajang Desa Wisata Award 2021 yang digelar BCA dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia.

Penganugerahan predikat itu digelar secara virtual dan Live YouTube Solusi BCA di Jakarta, Jumat (3/9/2021). EVP CSR BCA Inge Setiawati secara virtual mengumumkan dan memberi ucapan selamat kepada Desa Wisata Semen yang masuk dalam kategori desa kreatif dan menjadi juara ketiga.

Baca Juga : Dukung Pemerintah Sukseskan Vaksinasi, Golkar Banyuwangi Gencar Lakukan Vaksinasi untuk Masyarakat

 

"Selamat untuk juara ketiga adalah Desa Wisata Semen Kabupaten Blitar," ujarnya saat mengumumkan juara secara virtual.

Di ajang Desa Wisata Award 2021, Desa Wisata Semen KWE Puspa Jagad bersaing dengan 465 desa wisata yang mendaftar di seluruh Indonesia, dengan 4 kategori yang dilombakan. Yakni Kategori Alam, Budaya, Kreatif dan Digital. Semua desa tersebut telah dikunjungi dan telah selesai mengikuti proses penjurian mulai dari tanggal 23 Agustus lalu dan telah terpilih 20 finalis.

Dalam ajang ini, Desa Semen, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, yang masuk lima besar dalam ajang tersebut untuk kategori desa wisata kreatif akhirnya memperoleh juara ketiga.

Sedangkan lima finalis BCA  Desa Wisata Award 2021 kategori Desa Wisata Kreatif, yaitu Desa Wisata Guranteng Jawa Barat, Desa Sambirejo Yogtakarta, Desa Wisata Semen Jawa Timur, Desa Wisata Pagak Jawa Tengah, dan Desa Wisata Ngrombo Jawa Tengah.

Kepala Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso, mengucapkan selamat kepada Desa Wisata Semen, yang telah mendapatkan penghargaan di ajang Desa Wisata Awards 2021 yang digelar BCA dan Kemenparekraf.

“Sebenarnya masuk lima besar merupakan capaian luar biasa, mengingat ini merupakan ajang tingkat nasional melalui penilaian dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dengan prestasi masuk tiga besar tentu ini menjadi kebanggaan seluruh warga Kabupaten Blitar khususnya warga Desa Semen dan Kecamatan Gandusari,” kata Suhendro.

Baca Juga : Kota Surabaya di Hati, Pemkot Terima Bantuan Ribuan Sembako dari Mayapada Group

 

Menurut Suhendro, tidak ada yang menonjol dari Desa Semen jika dilihat dari kehidupan masyarakat atau peninggalan sejarahnya. Tetapi hebatnya, masyarakat Desa Semen bisa mengemas sesuatu menjadi menarik. Misalnya pembuatan gula kelapa, wayang kulit, anyaman bambu yang bisa dijadikan destinasi wisata edukasi. Tak hanya itu pengelola wisata juga menyiapkan outbound bagi wisatawan.

“Untuk kelebihan lain yang sangat luar biasa adalah regenarsi kelompok sadar wisata (pokdarwis). Dimana sejak 2007 hingga sekarang memasuki generasi ketiga masih berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, Desa Wisata Semen KWE Puspa Jagad adalah desa yang menjadi pioneer desa wisata di Kabupaten Blitar. Bisa dikatakan desa ini adalah desa wisata pertama di Blitar. Kekuatan dan potensi utama dari Desa Wisata Semen KWE Puspa Jagad yakni tetap mempertahankan, menjalankan, dan mengembangkan kearifan lokal yang ada di masyarakat desa dengan mengemasnya menjadi sebuah Paket Wisata mulai dari Paket Wisata Edukasi, Camping Ground dan Outbound, serta Paket Wisata Live In.

Desa Wisata Semen juga terkenal dengan keindahan alamnya. Desa yang berada di lereng Gunung Kawi menyuguhkan keindahan alam memberikan nuansa pedesaan khas.  Hamparan sawah, serta kesejukan suasana pegunungan menjadi keunggulan Desa Desa Wisata Semen KWE Puspa Jagad. (Adv/Kmf)

Judul berita Top! Desa Semen KWE Puspa Jagad Blitar Raih Juara 3 Desa Wisata Award 2021 Kategori Desa Wisata Kreatif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Desa Wisata desa wisata semen

Berita Lainnya