Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

PAN Beber Kader yang Dinilai Mumpuni jadi Menteri Usai Bertemu Presiden Jokowi

Penulis : Desi Kris - Editor : Pipit Anggraeni

28 - Aug - 2021, 08:20

Placeholder
Partai Amanat Nasional (PAN) (Foto: pan.or.id)

JATIMTIMES - Partai Amanaat Nasional (PAN) kini menjadi sorotan setelah menjadi 'sahabat baru' koalisi pemerintahan Jokowi. Dalam hal ini, Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto menyampaikan pihaknya telah memiliki sejumlah kader mumpuni untuk menduduki jabatan menteri.

Namun, PAN menyatakan tidak dalam posisi menyodorkan kader kepada Presiden Jokowi untuk menjadi menteri. Lantas siapa saja para kader PAN yang telah disiapkan untuk menjabat sebagai menteri? 

Baca Juga : Rencana Amandemen UUD 1945, Moeldoko Jelaskan Presiden Jokowi Tak Pernah Berpikir Jabatan 3 Periode

Kader PAN yang dimaksud yakni antara lain, Zulkifli Hasan, Eddy Soeparno, Soetrisno Bachir, hingga Ketua Dewan Pakar Drajad Wibowo.

"Kalau itu kita tunggu dari Jokowi, apa benar PAN dikasih menteri atau tidak, karena sekali lagi itu hak prerogatif Jokowi," kata Yandri.

Kalau memang, kata Yandri, nanti ada pos yang disiapkan Jokowi untuk PAN setidaknya pihaknya telah memiliki kader yang siap disodorkan.

Lebih lanjut, Yandri menegaskan partainya tidak pernah meminta jabatan menteri tertentu kepada Jokowi. PAN menyadari jika penunjukan menteri adalah hak prerogatif presiden.

Ia pun menyampaikan pihaknya dalam posisi menunggu apakah Jokowi akan memberikan jabatan menteri kepada PAN atau tidak.

Baca Juga : Fraksi PKS DPRD Kota Malang Kritik Keras Pemotongan TPP ASN 15 Persen

"Kami enggak pernah minta ini minta itu, karena itu kami sadar dan tahu hukum tata negara kita bahwa itu prerogatif presiden. Enggak pernah PAN minta ini minta itu, pos ini pos itu," ujar Yandri.

Selain itu, Yandri mengungkapkan bahwa kondisi di internal PAN setelah Zulhas dan Eddy ikut dalam pertemuan Jokowi dengan koalisi parpol pendukung pemerintah pada Rabu (25/8/2021) sangat kondusif. Langkah PAN yang telah resmi bergabung dalam koalisi parpol pendukung pemerintah pun akan menjadi topik pembahasan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) DPP PAN yang berlangsung pada Selasa (31/8/2021).


Topik

Politik



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Pipit Anggraeni