Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Pemulihan Ekonomi, Diskopindag Kota Malang Genjot Sektor UMKM Kuasai Pasar Digital

Penulis : Arifina Cahyati Firdausi - Editor : Pipit Anggraeni

19 - Aug - 2021, 14:11

Placeholder
Pameran produk-produk UMKM Kota Malang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Pemulihan ekonomi menjadi fokus utama dalam program-program pemerintah di tengah pandemi Covid-19. BeRbagai sektor terus di dorong untuk tetap bisa survive dalam situasi kondisi yang tak menentu ini.

Ya, tak dapat dipungkiri memang, dengan kondisi pandemi Covid-19 yang sudah berjalan sejak Maret 2020 di Kota Malang, cukup memberikan dampak luar biasa di sektor perekonomian.

Baca Juga : Megawati hingga SBY Nyanyi Indonesia Pusaka, Mahfud MD: Ya Allah, Kami Bersyukur kepada-Mu

Sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) saat ini yang paling digenjot untuk mampu bertahan di tengah kondisi ini. Hal inilah yang kini terus dioptimalkan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang.

Kepala Diskopindag Kota Malang M Sailendra mengatakan, program pemulihan ekonomi yang diusung kali ini diselaraskan dengan program dari pemerintah pusat. Di mana ada tiga strategi yang diunggulkan, yakni peningkatan konsumsi dalam negeri, peningkatan aktivitas dunia usaha dan stabilisasi ekonomi dan ekspansi moneter.

"Jadi bagaimana kita meningkatkan aktivitas usaha baik di UMKM maupun korporasinya," ujarnya.

Dijelaskannya, seperti sektor UMKM dengan memberikan fasilitasi BPUM (Bantuan Produktif Usaha Mikro). Kemudian, fasilitasi kredit usaha rakyat dan mendorong kolaborasi stakeholder untuk pengembangan UMKM.

Untuk menguatkan itu, pengoptimalan digitalisasi juga terus digagas. Sailendra menyebut, hal itu dilakukan melalui beberapa program khusus. Seperti, Klinik Usaha Mikro bagi UMKM, branding (podcast) bagi industri.

Baca Juga : 60 Warga Kota Malang Awali Vaksinasi Covid-19 Ibu Hamil

"Juga digitalisasi pemasaran dengan e-commerce di sektor perdagangan. Sehingga produk lokal lebih dikenal luas," terangnya.

Meski begitu, Sailendra menyebut, hal itu tidak bisa serta merta sukses hanya dilakukan sendiri. Setidaknya ada tiga kunci sukses agar sektor ekonomi bisa tetap berjalan dan berhasil melalui tantangan pandemi. Yakni, dengan inovasi, kolaborasi dan adaptasi.

"Dengan kolaborasi semua stakeholder, bergandengan tangan menghadapi pandemi bisa lebih kuat lagi menghadapi kesulitan ekonomi. Sehingga bisa tumbuh perekonomiannya lebih baik lagi di tahun tahun tahun ke depan," pungkasnya.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arifina Cahyati Firdausi

Editor

Pipit Anggraeni