Satgas Covid-19 Kota Blitar Pastikan Rumah Isoter Berfungsi Optimal | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Satgas Covid-19 Kota Blitar Pastikan Rumah Isoter Berfungsi Optimal

Aug 18, 2021 13:46
Rumah isoter di asarama PGSD UM di Kota Blitar.(Foto : Team BlitarTIMES)
Rumah isoter di asarama PGSD UM di Kota Blitar.(Foto : Team BlitarTIMES)

BLITARTIMES - Satgas Penanganan Covid-19 terus berupaya mengoptimalkan keberadaan rumah isolasi terpusat (Isoter) untuk penanganan pasien Covid-19 tanpa gejala. Hal tersebut disampaikan menanggapi arahan dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan terkait peningkatan Isoter (Isolasi Terpusat) di Kabupaten-Kota di Indonesia beberapa waktu lalu.

“Kami terus optimalkan keberadaan rumah Isoter. Dan sejauh ini kami menilai Isoter di Kota Blitar masih mencukupi untuk menampung warga yang terkonfirmasi Covid-19 tanpa gejala. Kapasitas Isoter dalam kondisi aman,” kata Komandan Kodim (Dandim) 0808/Blitar, Letkol Inf Didin Nasrudin Darsono.

Baca Juga : Aksi Kemanusiaan, 1.000 Warga Malang Raya Dapat Donasi JKN

Didin menambahkan, TNI-Polri bersama dengan Pemkot Blitar terus menggencarkan sosialisasi dan melakukan pendekatan kepada warga yang isolasi mandiri. Ya, dengan isolasi terpusat maka kesehatan orang yang terkonfirmasi tanpa gejala akan terkontrol.

Di rumah isolasi terpusat ini warga akan mendapatkan relaksasi dari kejenuhan. Banyak fasilitas yang disediakan pemerintah di rumah isoter, seperti WIFI dan lainya.

“Banyak manfaat dari rumah isoter ini. Selain kesehatannya akan terkontrol, warga yang isolasi juga tidak jenuh karena banyak fasilitas yang disediakan,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Blitar, Priyo Suhartono menyampaikan, pihaknya menyampaikan beberapa paparan terkait dengan perkembangan Isoter di Kota Blitar saat rakor bersama Menko Marves beberapa waktu lalu. Rakor bersama Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan ini, membahas tentang peran Pemerintah Daerah dalam mengoptimalkan penanganan Covid-19 melalui Isoter yang telah disediakan masing-masing daerah.

Baca Juga : Tren Kasus Covid-19 Terus Menurun, Gresik Masuk Zona Oranye

Menurut Priyo, Pemkot Blitar me-Launching rumah Isoter pada awal bulan Agustus 2021. Untuk menangani pasien Covid-19 tanpa gejala dan mengoptimalkan kinerja rumah Isoter, Pemkot Blitar bersinergi dengan TNI-Polri.

 “Kami Jajaran Pemerintah Kota Blitar dan TNI-Polri akan terus bersinergi untuk mengoptimalkan sarana tempat isolasi terpusat bagi warga yang terkonfirmasi Covid-19 tanpa gejala. Kami berharap situasi segera pulih, pandemi segera berakhir dan masyarakat dapat beraktivitas secara normal,” pungkas Priyo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Berita Blitar isolasi terpusat

Berita Lainnya