Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Makna Kemerdekaan di Mata Para Ulama: Cinta Tanah Air Sebagian Dari Iman

Penulis : Eko Arif Setiono - Editor : Pipit Anggraeni

17 - Aug - 2021, 20:12

Placeholder
Imam Muchtar salah satu kiai kampung. (eko arif s/Jatimtimes)

KEDIRITIMES - Pada 17 Agustus 2021, Republik Indonesia tepat merayakan peringatan hari kemerdekaan ke-76 tahun. Momen ini terus menjadi peringatan hari bersejarah sekaligus menumbuhkan sikap nasionalisme atau cinta terhadap Tanah Air.

Lantas, bagaimanakah pandangan para ulama di momen kemerdekaan ini? Seperti yang diutarakan oleh Imam Muchtar selaku kiai kampung yang juga sebagai Rais Syuriah NU Ranting Lingkungan Bence, Kelurahan Pakunden, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri. Dalam kesempatan tersebut dia meminta terhadap seluruh elemen bangsa menanamkan prinsip hubbul wathon minal iman atau cinta tanah air sebagai bagian dari iman.

Baca Juga : Tolak Pengeboran Migas, Masyarakat Desa Tanjung Gelar Aksi Tabur Bunga

Menurut Muchtar, dengan menanamkan prinsip ini, maka Indonesia dapat melalui segala tantangan di depan mata. Tanpa terkecuali menghadapi pandemi Covid-19 yang saat ini tengah dihadapi.

Dikatakan Muchtar, prinsip hubbul wathon minal iman itu pula yang mendorong salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Hasyim Asyari saat itu mengeluarkan fatwa jihad melawan penjajah pada masa revolusi kemerdekaan. Saat itu, kondisi Indonesia yang baru dua bulan merdeka masih dalam situasi yang kritis, karena kekuatan nasional belum terkonsolidasi.

Fatwa jihad itu kemudian dilanjutkan PBNU dengan mengeluarkan resolusi jihad. Hal tersebut kemudian menggerakkan masyarakat, khususnya di Surabaya untuk bertempur mati-matian melawan penjajah.

"Inilah yang kemudian terjadi pertempuran 10 November (1945) dan berhasil mengusir penjajah. Indonesia yang baru lahir, bulan itu dapat terselamatkan. Itu lah semangat hubbul wathon minal iman. Cinta tanah air sebagian daripada iman," terangnya.

Masih kata Muchtar, di dalam keterbatasan ini, di mana Indonesia masih dilanda pandemi, diharapkan masyarakat tetap berpegang teguh terhadap fatwa yang telah dicetuskan oleh pendiri NU. 

Baca Juga : Pimpin Upacara HUT RI ke-76, Bupati Pamekasan Tekankan Kesetiakawanan dan kebersamaan

"Yaitu bagaimana ini menjadi satu kesempatan yang baik yang bisa kita manfaatkan untuk kembali merajut, memperkuat serta memperteguh semangat NKRI," ungkapnya.

"Dengan adanya semangat hari kemerdekaan ini, semangat persatuan dan kesatuan bagaikan dikobarkan kembali untuk mendapatkan hal-hal yang sesuai di cita-citakan oleh pendiri bangsa ini. Mari kita lawan pandemi ini dengan jiwa penuh semangat serta meneguhkan iman dan ketaqwaan kepada Allah SWT," tuturnya.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Eko Arif Setiono

Editor

Pipit Anggraeni