Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Satwa Batu Secret Zoo Sehat, Terbebas Covid-19 Ini Resepnya

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

10 - Aug - 2021, 08:45

Placeholder
Salah satu satwa cotton top tamarin di Batu Secret Zoo. (Foto: Jatim Park Group)

BATUTIMES - Pandemi Covid-19 sudah berlangsung selama dua tahun. Covid-19 tidak hanya menyerang manusia, tapi juga binatang. Dilaporkan ada dua harimau Sumatera terpapar Covid-19 di Taman Margasatwa Ragunan (TMR) Jakarta. Namun tidak demikian dengan satwa yang ada di Batu Secret Zoo (Jawa Timur Park 2). Hingga saat ini satwa di Batu Secret Zoo ini terbebas dari Covid-19 dan sehat.

Kondisi satwa di Batu Secret Zoo tetap sehat seperti halnya sebelum masa pandemi Covid-19. Yang membedakan, pada jumlah wisatawannya. Ya jika sebelumnya dipenuhi dengan wisatawan, setelah hadirnya pandemi jumlah wisatawan berkurang drastis. Bahkan tidak ada pengunjung.

Baca Juga : Pemerintah Kembali Perpanjang Masa PPKM Level 4 hingga 16 Agustus, Malang Raya Jadi Sorotan

Bahkan hingga saat Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat sudah berlangsung selama satu bulan lebih. Rasanya sepi, hanya suara para satwa yang ada di sana lantaran tidak ada pengunjung.

Walaupun pandemi Covid-19, pemantauan kondisi kesehatan di sana tetap dijaga dengan maksimal, bahkan esktra. Dokter hewan Batu Secret Zoo Jatim Park 2, drh Rossy Margaretha Riupassa mengatakan, perawatan yang dilakukan, mulai dari medical check up rutin, pemberian asupan vitamin dan nutrisi tetap dijaga.

Selain itu, selama pandemi, SOP Biosecurity juga diperketat. “Kemudian disinfektan atau sterilisasi kandang rutin kami lakukan supaya satwa aman dari Covid-19,” katanya, Selasa (10/8/2021).

Saat melakukan perawatan pada satwa, petugas juga menggunakan peralatan kerja. Mulai sari masker, sarung tangan, dan sebagainya. “Apalagi bagi karyawan Jatim Park saat bekerja dilarang melepas masker,” imbuh Rossy.

Selain itu, karyawan yang bekerja di sana sudah melakukan vaksinasi Covid-19. Sehingga hal tersebut juga mendukung untuk menghindari penyebaran Covid-19 khususnya pada satwa yang berpotensi tertular virus tersebut.

Baca Juga : 6 Satwa Batu Secret Zoo Melahirkan Selama PPKM Darurat, Tidak Ada Yang Kena Covid-19

“Selama pandemi Covid-19 dua tahun terakhir satwa di Batu Secret Zoo aman. Belum ada yang terpapar Covid-19,” ucap ibu satu anak ini. Menurutnya kondisi saat ini mengharuskan pihaknya memberikan perawatan yang ekstra untuk kurang lebih seribu satwa dengan 200 jenis spesies di tengah pandemi Covid-19.

Meskipun kondisi saat ini tidak ada pemasukan untuk tempat wisata yang terletak di jalan Raya Oro-Oro Ombo ini. Untungnya lanjut Rossy, kebutuhan makan para satwa masih terjamin hingga enam bulan ke depan.

“Stok pakan satwa di sini selama 6 bulan ke depan masih aman,” ujarnya. Ya kebutuhan untuk pakan satwa yang di sana setidaknya dalam satu bulan harus mengeluarkan kurang lebih Rp 500 juta.


Topik

Kesehatan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya