Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Budidaya Udang Lesu, Peternak di Jember Justru Berikan Bantuan Oksigen Gratis ke Pasien Covid-19

Penulis : Moh. Ali Mahrus - Editor : Dede Nana

04 - Aug - 2021, 10:52

Placeholder
Kapolsek Gumukmas Iptu Subagio saat memberikan tabung Oksigen kepada petugas PKM Gumukmas (foto : Moh. Ali Makrus / Jember TIMES)

JEMBERTIMES – Di masa pandemi Covid-19, terlebih dengan adanya penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang hingga kini masih diperpanjang oleh pemerintah, dampaknya sangat dirasakan oleh masyarakat terutama dari sektor ekonomi.

Hampir semua sektor usaha ‘nyaris kolaps’ selama PPKM Darurat. Hal ini tidak lepas dari batasan waktu jualan, hingga larangan usaha non esensial yang diterapkan pemerintah dalam PPKM. Kondisi ini pun juga dirasakan oleh peternak udang di Kabupaten Jember.

Baca Juga : Luhut Ajak Faisal Basri dan Ketua BEM UI Diskusi Solusi Pandemi, Ini Hasilnya

Meski kondisi usahanya lesu, bukan berarti tidak bisa memberikan manfaat kepada masyarakat di sekitarnya. Hal ini yang mendorong Kholilur Rohman salah satu pembudidaya lobster di Kabupaten Jember untuk bisa berbagi terhadap warga yang membutuhkan bantuan saat berjuang melawan ganasnya virus Covid-19.

Dengan memanfaatkan tabung oksigen yang selama ini digunakan untuk usahanya, Kholil panggilan akrabnya, mengganti oksigen yang biasanya diperuntukkan untuk benih lobster, diganti manfaatnya untuk diisi oksigen kesehatan dan membagikannya secara gratis kepada warga yang sedang menjalani perawatan di puskesmas di Kecamatan Gumukmas.

Kholil tidak sendirian, ia berkolaborasi dengan Polsek Gumukmas dalam memenuhi tabung oksigen ukuran 20 Kg atau 2 meter kubik yang jumlahnya mencapai 20 tabung ini. 

“Insya Allah tabung oksigen gratis untuk masyarakat di Kecamatan Gumukmas ini yang pertama kalinya ada di Kabupaten Jember. Ini kami lakukan bersama dengan pihak Polsek Gumukmas,” ujar Kholil, Rabu (4/8/2021) di Mapolsek Gumukmas.

Kholil menjelaskan, bahwa tabung-tabung oksigen ini sebenarnya diperuntukkan untuk usahanya dalam membudidayakan udang lobster. Namun karena saat ini kondisinya lesu, dan melihat banyaknya warga yang mengeluh kesulitan mencari tabung oksigen, hatinya terketuk untuk bisa membantu warga yang sedang berjuang sembuh dari Covid-19.

“Mumpung usaha udang saya lagi sepi, dan saya juga punya tabung yang ‘nganggur’. Kami tergerak dan menginisiasi untuk memanfaatkan tabung-tabung ini bagi warga yang membutuhkan. Alhamdulillah, niat kami disambut baik oleh Polsek Gumukmas untuk ikut andil dalam pengisian tabung ini dengan oksigen kesehatan,” bebernya.

Untuk wilayah kecamatan Gumukmas ada 2 fasilitas kesehatan, yakni Puskesmas Gumukmas dan Puskesmas Pembantu di Desa Tembokrejo. “Insya Allah untuk persediaan di dua puskesmas ini, 20 tabung ukuran 6 meter kubik cukup. Namun saya tetap berharap, jumlah warga yang sakit di Kecamatan Gumukmas ini tidak banyak. Syukur-syukur kalau tidak ada yang sakit,” ujar Kholil.

Kapolsek Gumukmas Iptu Subagio dalam kesempatan tersebut menyatakan, bahwa pihaknya mengapresiasi inisiatif yang digagas oleh Kholil. Menurut Subagio, apa yang dilakukan oleh Kholil ini bisa menginspirasi warga yang lain, tanpa mengeluh kondisi usaha yang sepi, tapi masih bisa berbuat untuk kemaslahatan umat.

“Kami sangat mengapresiasi inisiatif yang dibuat oleh mas Kholil ini. Di mana, mas Kholil ini memiliki tabung oksigen yang cukup banyak dan dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat yang sedang sakit. Apalagi saat ini di tengah lonjakan pasien Covid di Jember, oksigen menjadi barang yang langka. Kami melihat bantuan oksigen gratis ini ibarat hujan turun di tengah kemarau panjang,” ujarnya.

Baca Juga : Manfaat dan Cara Kerja Vaksin Covid-19 Bagi Ibu Hamil, Bantu Janin Dapatkan Antibodi

Subagio menambahkan, tabung tabung berisi oksigen ini diprioritaskan untuk puskesmas. Di mana, pihak polsek yang bertanggung jawab dalam pengisian oksigen ketika isinya habis. 

"Jadi oksigen ini kami siapkan untuk puskesmas secara gratis. Ketika persediaan oksigen di puskesmas habis bisa ambil di sini (Mapolsek) dan nanti kami yang mengisi tabung kosong ke agen di Jember," ujarnya. 

Subagio berharap, meski demikian, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi anjuran dan imbauan pemerintah dalam penerapan protokol kesehatan dalam setiap aktivitasnya. Terlebih dengan diperpanjangnya PPKM sampai 9 Agustus mendatang.

“Saat ini pemerintah sudah memperpanjang PPKM sampai tanggal 9 Agustus mendatang. Tentu harapan kami, masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dan selalu menerapkan 5 M saat beraktivitas di luar rumah. Tidak perlu memaksakan diri keluar rumah jika tidak mendesak, lebih baik di rumah dan berdoa agar wabah Covid-19 ini bisa segera berakhir dari Jember dan Indonesia,” pungkasnya. 

Sementara Budi petugas dari Puskesmas Gumukmas merasa bersyukur ada bantuan oksigen dari pihak kepolisian. Hal ini semakin memudahkan pihaknya dalam memenuhi kebutuhan oksigen. 

"Selama ini kami amprah ke Dinkes setiap butuh oksigen. Dengan adanya bantuan dari polsek semakin memudahkan kami dalam memberikan pelayanan kepada pasien," ucap Budi. 


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moh. Ali Mahrus

Editor

Dede Nana