Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

PPKM Darurat, Ketua PCNU Kota Kediri: Salat Berjamaah di Rumah Saja 

Penulis : Bambang Setioko - Editor : Dede Nana

09 - Jul - 2021, 17:25

Placeholder
Salah satu masjid di Kota Kediri yang di tutup untuk umum sementara. (Foto: Ist)

KEDIRITIMES - Salah satu aturan PPKM Darurat untuk mencegah terjadinya kerumunan adalah dengan cara mengimbau untuk beribadah di rumah. Cara itu dinilai dapat menekan angka penyebaran Covid-19 yang akhir-akhir ini meningkat.

KH. Abu Bakar Abdul Jalil Ketua PCNU Kota Kediri mengatakan, kebijakan pemerintah ini pastinya didasari niat baik untuk memutus penyebaran virus Covid-19. Imbauan untuk beribadah di rumah saja pada hakikatnya yang dinilai itu adalah pelaksanaanya.

Baca Juga : PPKM Darurat, Dispendukcapil Kota Kediri Tutup Pelayanan Offline

“Ketetapan atau kebijakan pemerintah itu pastinya membawa kebaikan. Maka dari itu kita harus paham untuk bisa menyikapi kebijakan PPKM Darurat. Terkait anjuran untuk beribadah di rumah, sebenarnya hakikat dari beribadah adalah pelaksanaanya daripada tempatnya. Jadi kalau salat di rumah dengan berjamaah itu lebih utama daripada salat di masjid tapi tidak berjamaah,” ungkap Abu Bakar Abdul Jalil yang biasa dipanggil Gus Ab, Jum’at (9/7/2021).

Dengan adanya aturan untuk melaksanakan salat di rumah, Gus Ab yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Masjid Kota Kediri menjelaskan bahwa pihaknya telah memberi imbauan kepada takmir masjid dan memasang imbauan di masjid agar masyarakat melaksanakan salat di rumah saja.

“Masalahnya bukan tidak boleh salat di masjid. Namun kalau itu menyebabkan kerumunan, itu yang akan menjadi masalah. Maka dari itu kita juga melakukan dari berbagai cara, salah satunya kita menghubungi para takmir masjid ini. Selain itu kita juga memasang imbauan-imbauan agar masyarakat melaksanakan salat di rumah saja,” ucap Gus Ab.

Di akhir percakapannya, Gus Ab berharap kepada takmir dan jamaah masjid se-Kota Kediri agar selalu menaati aturan PPKM Darurat yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Dan untuk kegiatan ibadah diharapkan dilakukan di rumah saja selama masa PPKM Darurat ini dilaksanakan. 

Baca Juga : Antisipasi Angka Kematian Tinggi, Polres Kediri Kota Bentuk Tim Pemulasaran Covid-19

“Kita Harapkan kepada segenap takmir dan jamaah masjid se-Kota Kediri untuk selalu taat aturan PPKM Darurat yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Lalu tentang masalah ibadah salat saya rasa bisa dilakukan di rumah saja. Baik itu salat fardhu berjamaah atau salat Jum’at. Semoga dengan kita menaati aturan dari pemerintah, kita dapat membantu untuk menekan penyebaran virus Covid-19,” tandasnya.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Bambang Setioko

Editor

Dede Nana