Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Antusias, Masyarakat Serbu Vaksinasi Covid-19 Massal Polres Blitar

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : A Yahya

26 - Jun - 2021, 19:41

Placeholder
Masyarakat antusias mengikuti vaksinasi yang digelar Polres Blitar.(Foto : Team BlitarTIMES)

BLITARTIMES - Vaksinasi Covid-19 yang digelar Kepolisian Resort (Polres) Blitar diserbu masyarakat, Sabtu (26/2/2021). Vaksinasi massal ini digelar dalam rangka HUT ke-72 Bhayangkara.

Pantauan BLITARTIMES, masyarakat sudah sejak pagi mendatangi Alun-Alun Kanigoro untuk mendapatkan suntikan vaksin. Meski diserbu warga, pelaksanaan vaksinasi berjalan tertib sesuai dengan yang diharapkan oleh Kepolisian dan Pemkab Blitar.

Baca Juga : Jombang Sumbang Kasus Covid-19 Terbanyak di Jatim Hari Ini, Disusul Bondowoso dan Bangkalan

Kapolres Blitar, AKBP Leonard M Sinambela, mengatakan pihaknya menerapkan  skenario khusus untuk meningkatkan antusiasme masyarakat. Sebelum vaksinasi massal, para kepala desa, lurah, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan camat bertugas memberikan sosialisasi dan pemahaman secara masif kepada masyarakat. Kemudian,  masyarakat diberi undangan tertulis. Untuk menghindari kerumunan, waktu kedatangan warga ke lokasi vaksinasi dibagi per desa.

“Kami berkoordinasi dengan tiga pilar di tingkat desa. Camat bersama-sama dengan kepala desa, lurah, babinsa dan bhabinkamtibmas memobilisasi warga. Masyarakat diberi undangan per desa dibagi berdasarkan waktu vaksinasi untuk menghindari kerumunan," kata Leonard.

Ide kreatif yang dilakukan Polres Blitar ini  berhasil meningkatkan kesadaran masyarakat untuk divaksin Covid-19. Berbeda dengan daerah lain,  dimana masih banyak warga yang pikir-pikir untuk divaksin bahkan harus dengan iming-iming hadiah, warga Kabupaten Blitar terlihat sangat antusias mengikuti vaksinasi.  Bahkan banyak warga yang tidak mendapat undangan pun ikut hadir.

“Kita harus bersyukur, antusiasme masyarakat sangat tinggi. Masyarakat di Kabupaten Blitar sangat tanggap dan mendukung vaksinasi. Mungkin di daerah lain banyak yang mau divaksin masih pikir-pikir, namun di Kabupaten Blitar justru banyak yang belum kebagian undangan ikut hadir, bahkan pagi-pagi sekali sudah datang," tukas orang nomor satu di Polres Blitar.

Lebih dalam Leonard menyampaikan, kegiatan vaksinasi massal ini merupakan salah satu upaya untuk memenuhi program pemerintah 1 juta vaksinasi per hari. Kegiatan ini  dilaksanakan serentak di 34 wilayah Polda Jatim.

Baca Juga : Polresta Banyuwangi Gelar Gerebek Vaksin Covid-19

Berdasarkan daftar kependudukan masyarakat Kabupaten Blitar terdapat 887.000 warga yang berusia di atas 18 tahun.  Pemkab Blitar bersama dengan Satgas Penanganan Covid-19, TNI dan Polri menargetkan pada akhir tahun semua masyarakat Kabupaten Blitar sudah mendapatkan vaksinasi.

“Ayo bersama-sama kita sukseskan vaksinasi. Vaksinasi ini bagian dari ikhtiar untuk mempercepat penanganan Kasus Covid 19 dan juga harus di dukung dengan tetap mematuhi Prokes," pungkas Leonard.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

A Yahya