Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Realisasi Program RTLH di Kabupaten Blitar Capai 30 Persen

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

24 - Jun - 2021, 17:06

Placeholder
Ilustrasi. (Foto: Ist/ Google Images)

BLITARTIMES- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar menyatakan sektor perumahan memiliki peranan besar dalam mendukung mitigasi dampak ekonomi dari pandemi Covid-19. Pemkab melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) pun menyatakan pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH) terus dilakukan. 

“Pembangunan RTLH di Kabupaten Blitar terus dilakukan. Tahun ini, ratusan RTLH dipastikan akan dibangun," ucap Kepala Disperkim Kabupaten Blitar, Agus Santosa.

Baca Juga : Pasien Positif yang Isolasi Mandiri di Kota Blitar Dijemput Satgas dan Tim Covid Hunter

Menurut Agus, pihaknya terus bekerja keras untuk menyelesaikan target pembangunan RTLH pada tahun ini. Berdasarkan data, hingga akhir semester pertama tahun 2021 progres pembangunan RTLH sudah mencapai 30 persen.

“Target RTLH tahun ini sebanyak 739 unit. Dari jumlah tersebut rinciannya 259 unit bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU), 191 unit dari Dana Alokasi Khusus (DAK), dan sisanya 289 unit dari Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Dari jumlah keseluruhan ini sudah terealisasi 30 persen,” paparnya.

Agus optimis, program pembangunan RTLH di Kabupaten Blitar pada tahun ini akan tepat waktu. Meskipun menurutnya ada beberapa kendala yang dihadapi di lapangan. Salah satu kendala yang paling sering dihadapi adalah kearifan lokal.

“Saat ini ada pembangunan yang masih berupa pondasi, namun ada juga yang sudah rampung. Kendala yang dialami pada progres pembangunan, salah satunya berkaitan dengan kearifan lokal. Di mana ada budaya masyarakat yang hanya bisa bergotong royong di waktu-waktu tertentu,” jlentrehnya.

Baca Juga : Top, 105 Desa/Kelurahan di Kabupaten Blitar Terapkan Salam Sak Jangkah

Lebih dalam Agus menyampaikan, setiap penerima bantuan RTLH di Kabupaten Blitar menerima bantuan senilai Rp 20 juta. Rinciannya Rp 17,5 juta untuk pembelian material, sedangkan sisanya Rp 2,5 juta digunakan upah tukang.

“Setiap penerima RTLH menerima bantuan uang Rp 20 juta,” pungkasnya.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni