01/02/2023 Makin Moncer, Nangkula Park Berpeluang Harumkan Nama Tulungagung di Tingkat Provinsi | Jatim TIMES

Makin Moncer, Nangkula Park Berpeluang Harumkan Nama Tulungagung di Tingkat Provinsi

Jun 15, 2021 17:36
Nangkula Park saat dikunjungi tokoh nasional Abdul Muhaimin Iskandar (Gus AMI) beberapa waktu lalu. (Foto: Muhsin/TulungagungTIMES).
Nangkula Park saat dikunjungi tokoh nasional Abdul Muhaimin Iskandar (Gus AMI) beberapa waktu lalu. (Foto: Muhsin/TulungagungTIMES).

Pewarta: Muhamad Muhsin Sururi | Editor: Yunan Helmy

TULUNGAGUNGTIMES - Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Larasati Desa Kendalbulur, Kecamatan Boyolangu, atau yang dikenal dengan Nangkula Park berpeluang mengharumkan nama Kabupaten Tulungagung di tingkat Provinsi Jawa Timur. Pasalnya, saat ini Nangkula Park sudah masuk nominasi 12 besar dalam lomba BUMDes Tahun 2021 Tingkat Jatim.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Tulungagung melalui Kabid Ketahanan Ekonomi dan Lingkungan Wahyu Yuniarko mengatakan, BUMDesa Larasati merupakan salah satu BUMDesa maju di Tulungagung. Karena itu, BUMDesa tersebut  diusulkan dinas untuk mewakili lomba BUMDesa Tingkat Provinsi Jawa Timur. 

Baca Juga : Pemkot Malang Terus Intensifkan TPS 3R dalam Pengelolaan Sampah

"Alhamdulillah saat ini lolos tahap administrasi. Selanjutnya akan ada pemaparan melalui Zoom dengan memperhatikan 6 aspek yang dinilai," kata Wahyu, Selasa (15/06/2021).

Menurut Wahyu, BUMDesa Larasati dipilih untuk mewakili Tulungagung dengan alasan BUMdesa tersebut mempunyai empat unit usaha. Yaitu simpan pinjam, pertanian, mina padi, dan usaha desa yang mempunyai 7 subunit usaha. Salah satunya unit usaha yang paling booming, yaitu Nangkula Park.

Dalam lomba tingkat provinsi itu, Dinas PMD Tulungagung menargetkan masuk 6 besar sehingga tahap penilaian berikutnya adalah kunjungan lapangan. "Minta doa restu teman-teman BUMDesa se kabupaten agar wakil dari Tulungagung bisa masuk 6 besar, mendapatkan nilai terbesar dan nomor terkecil," kata Wahyu.

Sementara itu, Kepala Desa Kendalbulur Anang Mustofa mengatakan, sudah dua hari ini pengurus BUMdes Larasati Desa Kendalbulur menyiapkan materi presentasi di hadapan dewan juri tingkat provinsi.

"Kami optimistis dengan unit usaha BUMdesa Nangkula Park yang menjadi prioritas usaha kita. Insya Allah mampu bersaing masuk 6 besar jatim," kata Anang.

Dijelaskan, yang menjadi keunggulan lain, di masa pandemi covid-19 Nangkula Park mampu mengurangi pengangguran di desa. Selain itu, mampu menumbuhkan ekonomi baru di desa dengan munculnya kegiatan home industry warga yang membuat jajanan dan dijual di lokasi wisata.

Baca Juga : Nangkula Park Tulungagung Masuk 12 Besar Lomba Bumdesa Tingkat Jatim

Dampak lain dari Nangkula Park adalah meningkatkan ekonomi warga sekitar lokasi wisata dengan dibukanya usaha parkiran, toko/warung yang dikelola masyarakat sendiri.

"Dan yang lebih urgen dengan hadirnya BUMdesa meningkatkan PADes (pendapatan asli desa) yang akhirnya mampu memberikan subsidi kepada warga masyarakat," jelasnya.

Anang juga mengungkapkan, pemberian subsidi dari hasil PADesa yang masuk di antaranya adalah subsidi pertanian dan subsidi PBB untuk rumah warga yang akan di-launching akhir bulan ini dalam rangka menyambut HUT Ke-1 Nangkula Park.

Judul berita Makin Moncer, Nangkula Park Berpeluang Harumkan Nama Tulungagung di Tingkat Provinsi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
nangkula park tulungagung badan usaha milik desa

Berita Lainnya