07/02/2023 Disdikpora Kabupaten Tulungagung Harap Kampung Matematika Dapat Bantu Belajar Siswa | Jatim TIMES

Disdikpora Kabupaten Tulungagung Harap Kampung Matematika Dapat Bantu Belajar Siswa

Jun 14, 2021 20:47
Kadisdikpora Kabupaten Tulungagung, Haryo Dewanto Wicaksono saat di Kampung Matematika Sobontoro (Foto: Anang Basso/ TulungagungTIMES)
Kadisdikpora Kabupaten Tulungagung, Haryo Dewanto Wicaksono saat di Kampung Matematika Sobontoro (Foto: Anang Basso/ TulungagungTIMES)

Pewarta: Anang Basso | Editor: Sri Kurnia Mahiruni

TULUNGAGUNGTIMES - Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Kabupaten Tulungagung mengapresiasi adanya Kampung Matematika di Desa Sobontoro Kecamatan Boyolangu. Selain mempersiapkan diri dalam rangka menyambut lomba Tim Penggerak PKK tingkat provinsi dan nasional, kehadiran Kadisdikpora Haryo Dewanto Wicaksono ini juga ingin melihat langsung keberadaan Kampung Matematika itu dari dekat. 

"Kalau dilihat (Kampung Matematika) ini bisa untuk membantu pembelajaran (siswa)," kata pria yang akrab dipanggil Yoyok ini. 

Baca Juga : Dimanjakan dengan Pemandangan yang Indah, Paralayang Kota Batu Jadi Destinasi Favorit Para Biker

Setelah mengamati satu persatu tampilan kampung ini, Yoyok berharap agar siswa dapat belajar sambil bermain di tempat yang telah disulap sedemikian rupa. Kampung Matematika, diharapkan Yoyok juga sebagai wahana edukasi bagi siswa yang datang ke lokasi ini. 

"(Berharap dapat menjadi wahana) Pembelajaran matematika," terangnya. 

Sebelumnya, mata pelajaran matematika yang sering kali masih menjadi pelajaran menakutkan bagi anak-anak khususnya Siswa Sekolah Dasar (SD) kini justru dibuat wahana di salah satu wilayah di Desa Sobontoro Kecamatan Boyolangu. 

Kampung Matematika itu sendiri, terwujud dari semua infrastruktur pada wilayah Dusun Prayan RT 008 RW 003 bercorak matematika, mulai dari tembok-tembok yang bergambar rumus, jalan paving dengan penjumlahan hingga permainan tradisional dengan angka-angka perkalian dan pembagian.

"Kita buatkan fasilitas umum, khusus mata pelajaran matematika," kata Kepala Desa Sobontoro Sodik Afandi.

Pemerintah desa ingin mengubah mindset (pola pikir) yang selama ini berkembang di masyarakat dengan membuat fasilitas umum khusus mata pelajaran berhitung atau kampung matematika.

"Ini bertujuan agar matematika tidak menjadi momok lagi bagi anak-anak SD," jelasnya.

Baca Juga : Kak Seto Minta Polda Jatim Umumkan Hasil Pemeriksaan Dugaan Kekerasan Seksual SPI Kota Batu dengan Jujur

Selain itu, kampung ini berfungsi untuk membiasakan anak-anak agar terbiasa dengan matematika dalam setiap aktivitasnya mulai dari bermain hingga aktivitas sosial yang lain.

Salah satu pembelajaran di Kampung Matematika adalah melalui kegiatan antara lain dengan gedrik (salah satu permainan tradisional) yang disesuaikan dengan pembelajaran perhitungan.

"Ada juga kegiatan menanam yang hasilnya nanti dihitung untuk belajar penjumlahan dan pengurangan. Intinya disediakan area untuk belajar matematika," tegas Sodik.

Untuk diketahui, Kampung Matematika Desa Sobontoro sudah berjalan lebih dari 1 tahun, dan itu yang menjadikan salah satu alasan Desa Sobontoro ditunjuk untuk mewakili perlombaan Tim Penggerak PKK tingkat Provinsi dan Nasional.

Judul berita Disdikpora Kabupaten Tulungagung Harap Kampung Matematika Dapat Bantu Belajar Siswa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
kampung matematika Kampung Matematika tulungagung

Berita Lainnya