01/12/2022 Cegah Bencana Alam, Bupati Rini Ajak Masyarakat Lestarikan Lingkungan | Jatim TIMES

Cegah Bencana Alam, Bupati Rini Ajak Masyarakat Lestarikan Lingkungan

May 31, 2021 17:31
Bupati Blitar Rini Syarifah.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Bupati Blitar Rini Syarifah.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Pewarta: Aunur Rofiq | Editor: Sri Kurnia Mahiruni

BLITARTIMES-Bupati Blitar Rini Syarifah tak henti-hentinya mengajak masyarakat untuk melestarikan lingkungan hidup dan kehutanan. Kepedulian melestarikan alam dinilai sebagai kunci utama mencegah terjadinya bencana alam.

Menurut bupati yang akrab disapa Mak Rini, salah satu cara melestarikan alam bisa dimulai dengan cara sederhana. Di antaranya menanam pohon di lingkungan rumah. Serta yang tak kalah penting adalah tidak menebang pohon-pohon di hutan.

Baca Juga : Diduga Disembunyikan Makhluk Astral, Kakek di Tulungagung Dicari Menggunakan Tabuh Alat Dapur

"Hutan memiliki banyak manfaat bagi kita, jadi harus dijaga bersama-sama jangan sampai ditebangi secara terus menerus. Apabila hutan ditebangi secara liar, penggundulan ladang, alih fungsi lahan dan pembakaran hutan maka akan mengakibatkan bencana alam seperti banjir tanah longsor. Oleh sebab itu, saya minta kesadaran warga ikut berpartisipasi melakukan reboisasi agar hutan kembali hijau," ungkap Rini saat dialog bersama-sama dengan komunitas peduli lingkungan di Kecamatan Sutojayan, Minggu (30/5/2021).

Rini optimis, manfaat besar akan dirasakan oleh masyarakat jika pelestarian lingkungan benar-benar dilaksanakan secara maksimal. Oleh sebab itulah, dirinya terus memberikan dukungan kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blitar untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan pelestarian alam dan lingkungan.

“Jika pelestarian lingkungan berjalan maksimal semuanya akan memperoleh manfaat. Sebab, fungsi hutan, selain sebagai paru-paru dunia juga bisa dijadikan sebagai pendongkrak ekonomi masyarakat dengan cara menjadikan tempat wisata,” tukasnya.

Lebih dalam Rini menyampaikan, dirinya berharap komunitas peduli lingkungan di Kabupaten Blitar dapat berperan aktif dan mendukung kerja pemerintah untuk melestarikan alam.

Baca Juga : Baznas Batam Bertemu Baznas Lumajang Berbagi Info Distribusi Dana Zakat

“Saya ingin pelestarian alam bisa berjalan dengan sempurna dan dapat mengembalikan fungsi hutan sebagaimana mestinya. Tugas melestarikan alam bukan hanya tugas pemerintah. Tapi sudah menjadi tugas kita bersama, termasuk dari teman-teman komunitas,” pungkas orang nomor satu di Kabupaten Blitar.

Judul berita Cegah Bencana Alam, Bupati Rini Ajak Masyarakat Lestarikan Lingkungan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
pemkab Blitar pelestarian alam dan ekosistem

Berita Lainnya