30/01/2023 Wujudkan Masyarakat Lebih Sejahtera, Unisba Blitar-APIK Beri Pembinaan BUMTREN Se Jawa Timur | Jatim TIMES

Wujudkan Masyarakat Lebih Sejahtera, Unisba Blitar-APIK Beri Pembinaan BUMTREN Se Jawa Timur

May 31, 2021 15:59
Unisba Blitar-APIK sinergi beri pembinaan BUMTREN se Jawa Timur.(Foto : Unisba Blitar for BlitarTIMES)
Unisba Blitar-APIK sinergi beri pembinaan BUMTREN se Jawa Timur.(Foto : Unisba Blitar for BlitarTIMES)

Pewarta: Aunur Rofiq | Editor: Pipit Anggraeni

BLITARTIMES - Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar tak henti-hentinya menyebarkan virus kewirausahaan untuk membentuk masyarakat yang mandiri dan berprestasi. Kali ini, melalui kerjasama dengan Asosiasi Pesantren Indonesia Kreatif (APIK), Unisba sukses menggelar Pelatihan dan Belajar Bareng M-Bisnis dan Uji Kompetensi Badan Usaha Milik Pesantren (BUMTREN).

Kegiatan yang dipusatkan di Aula Kampus Unisba pada 29 dan 30 Mei 2021 diikuti oleh pengelola Badan Usaha Milik Pesantren (BUMTREN) APIK se Jawa Timur. Selain itu untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di internalnya, Unisba Blitar juga mengikutsertakan Civitas Academica dan mahasiswanya. Hadir pula sebagai peserta mahasiswa dari Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang.

Baca Juga : 6 IAIN Bertransformasi Jadi UIN, Rektor UIN Maliki Malang Beri Apresiasi dan Harapkan Sinergitas

Wakil Rektor III Unisba Blitar, Dr H.M Supriyono, mengatakan, Unisba Blitar bersama APIK telah lama menjalin kerjasama. Di bidang kewirausahaan, kedua lembaga bekerjasama mengembangkan kapasitas dan kompetensi Manajemen Sumber Daya Manusia untuk mendukung giat BUMTREN APIK se Jawa Timur. Kegiatan yang dilaksanakan kali ini juga didukung CI Training Center dan LSP MSDM Surabaya.

“Sebagai kampus entrepreneur, kewirausahan sudah menjadi program kerja dan program akademik Unisba Blitar. Bersama APIK, kami berupaya meningkatkan mutu dan kualitas Badan Usaha Milik Pesantren (BUMTREN) di Jawa Timur,” ungkap Supriyono kepada BlitarTIMES.

Dikatakannya, sebagai perguruan tinggi Unisba Blitar berkewajiban melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Melalui kerjasama dengan APIK, Unisba berupaya meningkatkan kualitas BUMTREM agar lebih profesional.

“Selain profesional, kami juga mendorong agar pesantren memiliki sertifikasi untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM) bisnis BUMTREN. Selain memberikan pelatihan, kami juga akan memberikan pendampingan,” tukasnya.

Di pelatihan kali ini, para peserta mendapat paparan materi terkait dengan pemahaman tentang kompetensi, standart kompetensi, uji kompetensi, SKKNI dan KKNI. Kegiatan dilanjut dengan uji kompetensi yang dilaksanakan di kegiatan hari kedua.

“Harapan kami mereka akan memiliki SDM yang profesional. Sehingga BUMTREN yang dikelola perkembanganya bisa semakin besar. BUMTREN ini akan dikelola sebagai satu holding dibawah APIK,” paparnya.

Baca Juga : Kedepankan Prokes, Peringatan Bulan Bung Karno di Kota Blitar Dikemas Lebih Meriah

Dijelaskan Wakil Rektor III, peserta kegiatan pelatihan dan uji kompetensi yang digelar kali ini dibatasi untuk mencegah penyebaran Covid-19. Namun demikian dirinya senang, karena kegiatan berjalan sukses. Begitupun dengan peserta terlihat sangat antusias mengikuti jalanya kegiatan hingga selesai.

“Memang untuk peserta kita batasi, karena situasi masih pandemi. Pelatihan juga kita laksanakan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat,” terangnya.

Lebih dalam Supriyono menyampaikan, dengan sinergitas bersama APIK, Unisba Blitar ingin bersama-sama membangun masyarakat yang lebih sejahtera.

“Kami juga berharap, kedepan pesantren akan banyak mengirimkan santri-santrinya untuk kuliah di Unisba Blitar. Kami dari Unisba akan selalu siap mendampingi seluruh pesantren di wilayah Jawa Timur,” pungkasnya.

Judul berita Wujudkan Masyarakat Lebih Sejahtera, Unisba Blitar-APIK Beri Pembinaan BUMTREN Se Jawa Timur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Universitas Islam Blitar Unisba

Berita Lainnya