10/12/2022 Tahun 2021 Pemkab Pamekasan Targetkan 1.600 Orang Jadi Pengusaha Baru | Jatim TIMES

Tahun 2021 Pemkab Pamekasan Targetkan 1.600 Orang Jadi Pengusaha Baru

May 24, 2021 19:38
Bupati Pamekasan Baddrut Tamam saat menunjukkan produk sepatu hasil wirausaha baru di Pamekasan (Foto: Ist/Jatimtimes.com)
Bupati Pamekasan Baddrut Tamam saat menunjukkan produk sepatu hasil wirausaha baru di Pamekasan (Foto: Ist/Jatimtimes.com)

Pewarta: khairul rozi | Editor: A Yahya

PAMEKASANTIMES - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan (DPMPTSP Naker) Pemerintah Kabupaten Pamekasan targetkan 1.600 orang jadi pengusaha baru tahun 2021.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPMPTSP Naker Pamekasan, Supriyanto mengatakan pihaknya belum bisa memastikan jumlah pasti peserta Wirausaha Baru (WUB) tahun 2021 lantaran anggaran belum bisa direalisasikan setelah adanya recofusing anggaran untuk penanganan covid-19. 

Baca Juga : Manajemen Tak Perpanjang Kontrak dengan Galih Akbar

"Namun, target peserta sama dengan tahun 2020 sebanyak 1.600 orang, Fiks-nya nunggu DPA (dokumen pelaksanaan anggaran) selesai. Saat ini masih proses, setelah recofusing kemarin kan harus ada penyelesaian-penyelesaian, kita menunggu," katanya, Senin (24/5/2021).

Menurutnya, rekrutmen peserta WUB dilakukan melalui fasilitator yang bekerja sama dengan pemerintah desa dan tokoh masyarakat untuk mendelegasikan warganya menjadi peserta program prioritas Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam tersebut.

Peserta yang mendaftar akan dilatih sesuai bidang usaha yang diambil, namun peserta yang memilih pelatihan yang membutuhkan fasilitas untuk mendapatkan kualitas yang bagus akan dikirim kepada pabrik pabrik tertentu guna memaksimalkan hasil dari program tersebut. Seperti pelatihan membuat sandal, sarung dan produksi lain yang minim di Pamekasan.

"Misalnya pelatihan membuat sandal, itu kan fasilitasnya kurang memadai di Pamekasan. Maka kita kirim ke sentra industri sandal, sepatu dan lain-lain," terangnya.

Mantan Kabag Humas dan Protokol Pemkab Pamekasan ini berharap masyarakat yang benar-benar ingin menjadi pengusaha untuk memanfaatkan program tersebut.

"Yang penting serius, kita akan fasilitasi untuk menjadi wira usaha baru. Bagi peserta tahun 2020 untuk lebih semangat lagi. Karena pemkab telah memberikan fasilitas, pelatihan dan modal. Tolong fasilitas ini untuk dipergunakan sebaik-baiknya," harapnya

Baca Juga : Uji Coba Melawan Persipura, Ini Jadwal yang telah Ditetapkan Manajemen

WUB merupakan salah program prioritas Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam di bidang ekonomi dengan target menciptakan 10 ribu pengusaha baru selama lima tahun kepemimpinannya. Tentu, program tersebut untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat Pamekasan.

Selain memberikan pelatihan, Pemkab Pamekasan juga memberikan alat produksi melalui dana corporate social responsibility (CSR) serta menyediakan dana channeling dengan bunga 0 persen selama satu tahun khusus kepada peserta WUB tersebut.

"Sekali lagi, kita berharap agar masyarakat memanfaatkan program tersebut. Sebab, program ini untuk memberdayakan masyarakat di bidang ekonomi," tutupnya

Judul berita Tahun 2021 Pemkab Pamekasan Targetkan 1.600 Orang Jadi Pengusaha Baru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Berita Pamekasan Badrut Tamam

Berita Lainnya