27/11/2022 Warna Ikan Cupang Pudar? Awas Bisa Jadi Stres, Begini Cara Mengatasinya | Jatim TIMES

Warna Ikan Cupang Pudar? Awas Bisa Jadi Stres, Begini Cara Mengatasinya

May 16, 2021 09:30
Ikan cupang dengan apakah corak warna yang menarik (cupangedanmalang)
Ikan cupang dengan apakah corak warna yang menarik (cupangedanmalang)

Pewarta: Anggara Sudiongko | Editor: Dede Nana

MALANGTIMES - Ikan Cupang saat ini menjadi primadona. Warna dan coraknya yang bagus tak dipungkiri membuat banyak orang memburu ikan cupang. Namun, penghobi ikan cupang, terlebih lagi para pemula, tentunya pernah menemui ikan cupang peliharaan mereka mengalami pudar warnanya. 

Akan tetapi, terkadang mereka menyangka jika pudarnya warna tersebut merupakan hal yang wajar dan bahkan ada yang mengira jika hal tersebut merupakan fase perubahan sisik ikan menjadi lebih baik lagi. 

Baca Juga : Benarkah Ikan yang Menelan Nabi Yunus Masih Hidup hingga Sekarang?

Lalu apa yang sebenarnya terjadi pada ikan cupang yang mengalami kepudaran warna tersebut, dan apa penyebab, mari simak ulasannya dari Cupang Edan Malang ini. 

Dijelaskannya owner Cupang Edan Malang M Rifky Edgar, jika kepudaran warna ikan cupang disebabkan oleh beberapa hal. Pertama, dikatakannya jika ikan cupang bisa mengalami stres

Stress disebabkan karena seringkali menyimpan pada wadah yang memiliki space kecil. Pemilihan wadah yang besar tentunya menjadi pilihan tepat yang itu bisa mencegah adanya penumpukan amonia berlebih pada ikan sehingga bisa mencegah pemudaran warna ikan cupang. 

"Buat ikan senyaman mungkin. Rutin ganti air setiap seminggu sekali atau paling bagus setiap tiga kali sehari," jelasnya.

Kemudian, tambahan sedikit garam pada air ikan cupang yang itu berfungsi untuk mencegah bakteri berkembang pada tubuh ikan dan kemudian berikan obat biru pada air ikan cupang.

"Obat biru ini berfungsi untuk mencegah penyakit pada ikan. Kemudian berikan daun ketapang pada air agar menetralkan PH dan membuat ikan nyaman. Tanda-tanda jika ikan nyaman sendiri ikan dapat menimbulkan bunyi atau gelembung," terangnya.

Kemudian untuk memulihkan warnanya, tempatkan ikan cupang pada lokasi yang terhindar dari matahari atau lokasi gelap selama masa treatment sekitar satu minggu dengan dua kali ganti air. 

Baca Juga : Wajib Tahu! Ini Perbedaan Mahram dan Muhrim

"Sama Ketapang ya kalau bisa juga agak lebih gelap. Setelah satu minggu, jika ikan cupang warnanya masih terlihat pudar lakukan treatment tersebut berulang sampai warnanya kembali cerah," bebernya.

Selama dalam masa perawatan, jangan lupa berikan pakan yang terbaik, yakni pakan hidup. Pakan tersebut seperti halnya kutu air ataupun jentik nyamuk. Dan agar pemulihan warna lebih cepat, berikan juga udang kecil kering.

Setelah dirasa ikan cupang mulai kembali pulih warna, lakukan pengecekan dengan menyandingkannya dengan ikan cupang yang sehat. Ketika disandingkan biasanya ikan cupang akan langsung mengembangkan siripnya dan saat itu perhatikan kondisi ikan cupang yang telah mendapatkan treatment.

"Jika tiba-tiba warnanya seperti pudar kembali dan belum mau mengembangkan insangnya, artinya ikan tersebut masih belum sepenuhnya sehat dan harus dilakukan treatment ulang," pungkasnya.

Judul berita Warna Ikan Cupang Pudar? Awas Bisa Jadi Stres, Begini Cara Mengatasinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
ikan cupang tanda ikan cupang stres

Berita Lainnya