Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Advertorial

Paripurna, DPRD Tulungagung Serahkan Rekomendasi LKPJ Bupati Tulungagung dan Bahas Beberapa Agenda

Penulis : Muhamad Muhsin Sururi - Editor : A Yahya

28 - Apr - 2021, 20:38

Placeholder
Ketua DPRD Tulungagung Marsono (kanan) menyerahkan rekomendasi LKPJ kepada Bupati Tulungagung Maryoto Birowo. Rabu 28/04/2021. (Foto: Muhsin/TulungagungTIMES)

TULUNGAGUNGTIMES - Rekomendasi DPRD Tulungagung atas Laporan Keterangan Pertanggungjawab Kepala Daerah (LKPJ) Bupati akhir tahun anggaran 2020 telah diserahkan kepada Bupati Tulungagung. Penyerahan rekomendasi LKPJ dilakukan pada sidang paripurna DPRD Tulungagung hari ini, Rabu (28/04/2021).

Diketahui, rapat paripurna yang digelar di Ruang Graha Wicaksana Kantor DPRD Tulungagung itu, juga membahas beberapa agenda di antaranya penyampaian perubahan propemperda tahun 2021 dan penyerahan rekomendasi DPRD atas LKPJ Bupati akhir tahun anggaran 2020 serta pengumuman keanggotaan pansus masa sidang II tahun sidang II (periode Januari s/d April 2021).

Baca Juga : Berjalan di atas Rel, Kakek di Blitar Tewas Tersambar Kereta Api

Ketua DPRD Tulungagung Marsono mengatakan, paripurna yang digelar hari ini, merupakan kesepakatan hasil rapat Badan musyawarah pada Rabu 21 April 2021 lalu. Selain penjadwalan paripurna, hasil rapat Badan musyawarah juga menyepakati bahwa paripurna dilakukan dengan memanfaatkan sarana teleconference dengan alasan demi kelancaran penyelenggaraan pemerintahan di masa pandemi.

"Pelaksanaan paripurna sesuai dengan peraturan DPRD nomor 1 tahun 2018 tentang tata tertib DPRD Tulungagung, sebagaimana telah diubah dengan peraturan DPRD nomor 1 tahun 2019 tentang perubahan atas peraturan DPRD nomor 1 tahun 2018," kata Marsono.

Disampaikan Marsono, DPRD telah membentuk 4 pansus guna membahas beberapa Ranperda di antaranya pansus I membahas ranperda tentang Fasilitasi pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika, dan Ranperda tentang perubahan ketiga atas perda no. 20 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Kabupaten Tulungagung.

Untuk pansus II, lanjutnya, membahas Ranperda tentang penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi tenaga non pegawai negeri sipil di lingkup Pemkab Tulungagung, dan Pansus III membahas perubahan atas perda no. 13 tahun 2016 tentang penanaman modal.

"Pansus IV membahas Ranperda tentang pengendalian menara telekomunikasi, dan serat optik, Ranperda tentang perubahan kedua atas perda no.6 tahun 2019 tentang RPJMD 2018-2023 dan ranperda tentang perubahan kedua atas perda no.7 tahun 2014 tentang izin penebangan pohon dan/atau pemindahan taman," ucap Marsono.

Di tempat yang sama, Bupati Tulungagung Maryoto Birowo mengatakan, sidang paripurna DPRD dalam rangka penyerahan rekomendasi LKPJ Bupati Tulungagung Tahun anggaran 2020, yang sebelumnya LKPJ telah disampaikannya untuk dibahas antar komisi di DPRD Tulungagung.

Baca Juga : Puluhan Kades di Tulungagung Persiapkan Pendirian Forum, Inilah Visinya...

"Semua komisi di DPRD sudah ada kesepakatan maka direkomendasikan, dan rekomendasi sudah dibaca, selanjutnya akan kita tindaklanjuti terhadap rekomendasi tersebut," kata Maryoto.

Diungkapkan, point rekomendasi dari DPRD antara lain terkait perbaikan jalan, sistem pelayanan, dan perencanaan yang disesuaikan dengan kondisi lapangan yang ada.

Menurut Maryoto, untuk serapan anggaran, dirinya telah memerintahkan kepada seluruh OPD untuk dipercepat sesuai hasil rakornas yang dipimpin oleh presiden tadi siang. Dimana kata Maryoto, bahwa serapan yang masih terlalu rendah untuk segera dilaksanakan serapan anggaran biar terjadi regulasi dan terjadi perputaran ekonomi di masyarakat.

"Di bulan ke 4, sudah lumayan, sudah mendekati 20% lebih. Tapi apapun dan bagaimanapun ini harus cepat, serapan ini harus cepat. Memang penyelesaian administrasi melalui rekomendasi-rekomendasi yang harus ditindaklanjuti," tutupnya.


Topik

Advertorial



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Muhamad Muhsin Sururi

Editor

A Yahya