Terjaring Razia Balap Liar, Puluhan Pemuda di Blitar Dihukum Baca Surat Yasin | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Terjaring Razia Balap Liar, Puluhan Pemuda di Blitar Dihukum Baca Surat Yasin

Apr 28, 2021 07:16
Puluhan pemuda diamankan Satlantas Polres Blitar dalam razia balap liar. (Foto:  Humas Polres Blitar)
Puluhan pemuda diamankan Satlantas Polres Blitar dalam razia balap liar. (Foto: Humas Polres Blitar)

BLITARTIMES - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Blitar mengamankan puluhan remaja yang melakukan balap liar. Para pemuda ini diamankan karena selain meresahkan masyarakat, juga berpotensi membahayakan keselamatan mereka sendiri.

Informasi yang dihimpun BLITARTIMES, Ada 72 orang pemuda yang diamankan bersama 36 unit  kendaraan. Satu diantaranya motor jenis Yamaha WIN berpelat merah. Selain diberi sanksi tilang, mereka para pemuda juga digiring ke Mapolres Blitar untuk diberi pembinaan.

Baca Juga : Warga Jember Lolos Seleksi Jadi Imam Besar di Arab, Terancam Gagal karena Paspor

Sebagai bentuk pembinaan di bulan suci Ramadan, seluruh pemuda yang terjaring razia diminta untuk membaca Surat Yasin di halaman Mapolres Blitar. Selesai membaca Surat Yasin, barulah para pemuda itu diberi sanksi tilang.

“Razia balap liar ini kami gelar menindaklanjuti laporan dari masyarakat. Masyarakat memberikan laporan bahwa marak terjadi balap liar di kawasan Gunung Betet di perbatasan Kecamatan Sutojayan dan Kecamatan Kademangan. Dari laporan tersebut, kami bergerak cepat dengan mengerahkan personel untuk melakukan razia,” ungkap Kasatlantas Polres Blitar AKP I Putu Angga Feriyana, Selasa (27/4/2021).

Dikatakan, razia balap liar selain mencegah terjadinya laka lantas, juga merupakan upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa. “Tak hanya balap liar. Mereka para pemuda itu juga tidak menerapkan protokol kesehatan. Terlihat mereka tidak memakai masker dan berkerumun di satu titik. Kendaraan mereka juga tidak standar,” tukasnya.

Baca Juga : Sederet Kontroversi Munarman yang Bikin Geger, Insiden Monas hingga Ditangkap Densus 88!

Lebih dalam I Putu menyampaikan, kegiatan penertiban balap liar ini akan terus dilakukan Satlantas Polres Blitar di wilayah hukumnya. “Kami akan tegas terkait dengan balap liar. Karena selain dapat  memicu kecelakaan yang dapat menimbulkan korban jiwa. Balap liar juga  menimbulkan kegaduhan karena suara bising dari kendaraan. Selain itu, aktivitas ini memicu munculnya kerumunan yang berisiko penularan covid-19,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Razia balap liar Polres Blitar

Berita Lainnya