Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Perkuat UMKM, Wali Kota Malang Terapkan Strategi Pembagian Klaster

Penulis : Arifina Cahyati Firdausi - Editor : Pipit Anggraeni

20 - Apr - 2021, 12:03

Placeholder
Pameran produk-produk UMKM Kota Malang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang terus mengoptimalkan berbagai upaya guna pemulihan ekonomi. Salah satu potensi yang dibidik, yakni Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Hal ini dilakukan, lantaran UMKM cukup memberikan kontribusi yang signifikan dalam pertumbuhan ekonomi di Kota Malang. Karenanya, berbagai strategi terus dilakukan guna penguatan sektor tersebut.

Baca Juga : Beri Layanan SIM Gratis Bagi Disabilitas, Polresta Malang Kota Dapat Penghargaan dari DMI

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, dari sejumlah 1.112 pelaku UMKM yang terdata, nantinya akan dibagi dalam beberapa klaster. Melalui cara inilah, penentuan strategi pemasaran UMKM dinilai lebih tepat sasaran.

"Kami akan lakukan klastering untuk melakukan penguatan di UMKM. Setelah itu, tetap dilakukan pendampingan, berkaitam dengan masalah manajemen keuangan, produksi dan pemasaran. Dan ini sudah berjalan," ujarnya.

Sistem pendampingan yang akan dilakukan nantinya, dijelaskan Sutiaji berkaitan dengan penataan manajemen keuangan. Di mana, pelaku UMKM diberi pemahaman agar  tidak konsumtif dalam memebelanjakan modal, terlebih di masa pandemi Covid-19.

Termasuk, terus mengedepankan pemanfaatan digitalisasi. Sehingga, pemasaran produk-produk UMKM bisa lebih meluas menembus pasar global.

"Bagaimana caranya agar produksi bisa low cost, itu nanti dengan memanfaatkan teknologi. Sehingga, mampu bersaing di pasar yang lebih luas lagi," imbuhnya.

Baca Juga : Harga Turun, Penjualan Kurma di Kota Malang Naik 50 Persen

Lebih jauh, potensi ekonomi kreatif dari sektor UMKM dinilai mampu menjawab tantangan ekonomi global. Sebab, berdasarkan data yang tercatat, selama masa pandemi Covid-19, kontraksi pertumbuhan ekonomi di Kota Malang berada di angka -2,26 persen.

Karenanya, Pemkot Malang juga gencar untuk mengedepankan pemasaran melalui platform e-commerce dan marketplace. Dengan berbagai upaya tersebut, Sutiaji berharap, UMKM bisa memberikan andil yang cukup signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Malang.

"Semoga target pertumbuhan ekonomi bisa tercapai. Namun, harus tetap menjalankan protokol kesehatan, karena masih dalam masa pandemi covid-19," tandasnya.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arifina Cahyati Firdausi

Editor

Pipit Anggraeni