Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba Serbi

Tips Melatih Diri agar Menjadi Marketer Sejati

Penulis : Muhamad Muhsin Sururi - Editor : A Yahya

18 - Apr - 2021, 16:54

Placeholder
Ilustrasi kesepakatan transaksi. (Foto: dok. Google)

TULUNGAGUNGTIMES - Menjadi seorang Marketer sejati memang tidak mudah. Banyak tips menjadi marketer sukses yang harus dimiliki. Selain harus tahan banting dan ulet, juga harus menguasai teknik-teknik komunikasi untuk mencapai sebuah kesepakatan. 

"Dalam dunia marketing, mental seorang sales setiap hari harus diasah. Ibarat sebilah pisau bila terus diasah akan semakin tajam," kata mantan Manager Marketing salah satu perusahaan Home Appliances di Tulungagung Ferry K. Minggu (18/04/2021).

Baca Juga : Siap-Siap, Aksi 'Doctor Octopus' Bakal Kembali Muncul di Spider-Man 3

Menurut pengalamannya, cara sederhana melatih mental dari seorang sales adalah berbicara dengan tembok, karena tembok diibaratkan sebagai konsumen yang kaku, keras, dan tertutup sehingga inisiatif dan bahasa komunikasi sales akan semakin bagus.

"Dalam jiwa seorang marketing, harus ditanamkan bahwa customer atau lawan bicara itu mempunyai sifat rakus, tamak dan serakah," imbuhnya.

Selain itu, lanjutnya, seorang marketing atau sales harus menguasai 3 teknik agar persentase keberhasilannya lebih besar. Teknik tersebut di antaranya, harus mampu membuat lawan bicara tertawa, menguasai isi produk, dan teknik closing (penutup). "Dengan membuat lawan bicara (customer) bisa tertawa, berarti kita sudah menang, karena secara psikologi customer sudah merasa nyaman dengan kita," jelasnya.

Ferry menganggap, ketika lawan bicara sudah bisa tertawa maka besar kemungkinan customer akan membeli produk yang ditawarkan oleh sales atau bisa dibilang marketing berhasil.

Dalam diri seorang marketing juga harus selalu ditanamkan motivasi "Semakin melakukan kerja keras, maka semakin banyak keberuntungan yang akan didapatkan" agar tidak mudah putus asa.

Baca Juga : Bikin Melongo, Ini Penampakan Sandal Edisi Ramadan Dior yang Dibandrol Belasan Juta Rupiah

Tak hanya itu, penguasaan lingkungan juga sangat diperlukan, karena digunakan untuk membaca karakter dari customer yang menjadi target pemasaran.

"Menjadi marketing sejati artinya sudah dapat menguasai segala hal, dan pastinya tidak hanya menjual produk tapi juga mampu menyelesaikan masalah," tutupnya.


Topik

Serba Serbi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Muhamad Muhsin Sururi

Editor

A Yahya