Hujan Deras, 3 Titik di Kawasan Sumberbrantas Kota Batu Tertimbun Lumpur | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Hujan Deras, 3 Titik di Kawasan Sumberbrantas Kota Batu Tertimbun Lumpur

Apr 09, 2021 07:28
BPBD Kota Batu bersama stakeholder terkait sedang melakukan penanganan oemberisiahan material lumpur di sepanjang Jalan Raya Sumberbrantas, Kamis (8/4/2021) kemarin. (Foto: BPBD Kota Batu)
BPBD Kota Batu bersama stakeholder terkait sedang melakukan penanganan oemberisiahan material lumpur di sepanjang Jalan Raya Sumberbrantas, Kamis (8/4/2021) kemarin. (Foto: BPBD Kota Batu)

BATUTIMES - Sepanjang Jalan Raya Sumberbrantas, tepatnya di Dusun Lemah Putih dan Dusun Jurangkuali, Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu tertimbun material lumpur, Kamis (8/4/2021) kemarin.

Terdapat tiga titik lokasi sepanjang Jalan Raya Sumberbrantas yang tertimbun material lumpur. Titik pertama, di depan Alfamart Sumberbrantas. Dengan dimensi lumpur panjang 120 meter, lebar 6 meter, dan tebal lumpur 30 centimeter.

Baca Juga : Tak Juga Ditemukan, Pencarian Ahmad Dhani di Sungai Bondoyudo Dilanjutkan Pagi Ini

Titik kedua, di dekat Keramat Sumberbrantas. Dengan dimensi material lumpur panjang 60 meter, lebar 6 meter, dan tebal lumpur 30 centimeter.

Hujan-Deras-3-Titik-di-Kawasan-Sumberbrantas-Kota-Batu-Tertimbun-Lumpur-16a3dc214cf1b33a8.jpg

Titik ketiga, di sekitar Bon 1. Dengan dimensi material lumpur panjang 60 meter, lebar 6 m, dan tebal lumpur 30 centimeter.

Kejadian itu membuat beberapa rumah warga mengalami kerusakan dan warga pun terpaksa mengungsi. "Data sementara, untuk Dusun Jurangkuali terdapat 9 rumah warga yang terdampak. Sedangkan, Dusun Lemah Putih masih dalam pendataan," ujar Kasi Logistik dan Kedaruratan BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim, Jumat (9/4/2021).

Diketahui, ada beberapa warga yang mengungsi juga. Diantaranya, Kadir (warga RT 7 RW 1 Dusun Lemah Putih, dengan jumlah anggota keluarga 2 jiwa dan mengungsi ke rumah kerabat), Misno (warga RT 3 RW 2, Dusun Lemah Putih, dengan jumlah anggota keluarga 4 jiwa dan mengungsi ke rumah kerabat), dan Slamet (warga RT 2 RW 6 Dusun Jurangkuali dengan jumlah anggota keluarga 3 Jiwa dan mengungsi ke rumah kerabat).

"Untuk rumah warga terdampak yang mengalami kerusakan masih dalam pendataan," ujarnya.

Hujan-Deras-3-Titik-di-Kawasan-Sumberbrantas-Kota-Batu-Tertimbun-Lumpur-2c02af8dd28ef00d2.jpg

Lanjutnya, kejadian tersebut dikarenakan hujan deras yang mengguyur Kota Batu sejak pukul 18.00 WIB dan menyebabkan saluran drainase di Jalan Raya Sumberbrantas dialiri air dengan debit yang besar.

Baca Juga : Tak Terima ADD Dipangkas, Puluhan Kepala Desa Geruduk Kantor Dewan Trenggalek

Aliran air yang membawa material sampah, kayu dan batu itu membuat saluran drainase tersumbat. Kemudian, aliran air dan lumpur dari saluran drainase kemudian meluap ke jalan raya dan menggenangi rumah warga di sekitar lokasi.

"Untuk penanganan darurat pembersihan material banjir lumpur, kita secara manual dan alat berat.Kemudian dilakukan penyemprotan material banjir lumpur," ujarnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Jalan Raya Sumberbrantas Dusun Jurangkuali

Berita Lainnya