Nikmatnya Awon-Awon Bakar Pedas Manis di Pantai Sidem Tulungagung | Jatim TIMES

Nikmatnya Awon-Awon Bakar Pedas Manis di Pantai Sidem Tulungagung

Apr 07, 2021 20:32
Kakap putih atau Ikan Awon-Awon Bakar di Pantai Sidem / Foto : Anang Basso / Tulungagung TIMES
Kakap putih atau Ikan Awon-Awon Bakar di Pantai Sidem / Foto : Anang Basso / Tulungagung TIMES

TULUNGAGUNGTIMES - Menikmati ikan bakar di tepi pantai memberikan kesenangan bagi banyak orang. Apalagi, jika menikmati kuliner ini bersama teman, keluarga dan juga relasi kerja.

Karena itu juga, menjamurnya warung kuliner ikan bakar di sepanjang pantai selatan Tulungagung tak mengurangi pelanggan yang datang. Meskipun, di masa pandemi ini, pengunjung atau wisatawan nyaris tak bisa diharapkan kedatangannya untuk makan di warung yang berjejer di tepi laut ini.

Baca Juga : Surplus di Tahun 2020, Bumdesma Kecamatan Gondang Salurkan Bansos hingga Ratusan Juta

Di Pantai Sidem, Desa Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung misalnya, tak terlihat wisatawan datang sepanjang hari. Namun, warung-warung ikan bakar masih tampak buka dan api pembakaran masih mengeluarkan asap dan terlihat pemilik warung memanggang ikan.

"Masih ada pembeli, namun rata-rata adalah pelanggan. Jika pengunjung pantai, sudah jarang semenjak ada pandemi Covid-19," kata Acok, penjual ikan di pantai Sidem.

Kondisi pantai yang dekat dengan PLTA tembusan terowongan Neyama ini juga terlihat lengang di siang hari. Ikan bakar yang di siapkan warung rata-rata adalah ikan kakap, dorang dan tongkol serta jenis ikan lainnya.

Saat ini, kuliner di pantai Sidem banyak menyajikan ikan kakap putih atau warga sekitar mengenalnya dengan nama awon-awon. "Nama trennya kakap putih, disini dikenal dengan nama ikan awon-awon," kata istri Acok sambil memberikan pesanan pada pengunjung di warung miliknya.

Selain dibakar dengan matang bagian luar hingga dalam, ikan kakap putih ini tampak begitu menggugah selera. Salah satu pengunjung, Muhsin (30) warga Wajak Kecamatan Boyolangu misalnya mengatakan jika ikan bakar yang disantapnya rasanya sangat lezat. "Apalagi ada dua pilihan sambal, antara sambal bawang dan sambal kecap. Endul," kata Muhsin.

Jika dilihat dari dekat, rahasia kelezatan ikan bakar ini karena bumbu tradisionalnya yang khas dan dibakar dengan sangat telaten dengan api sedang.

Baca Juga : Tol Malang-Kepanjen Akan Berdampak Bagi PBB hingga PAD Kabupaten Malang

Setelah ikan dibersihkan, kemudian di oles dengan 1 sdm air jeruk nipis, 2 sdm minyak sayur, 2 sdm kecap manis, 2 sdm air jeruk limau. 
Untuk membuat rasa semakin pedas dan ada manisnya, bumbu yang dibutuhkan adalah 5 buah cabai merah keriting, 3 buah cabai rawit merah, 3 siung bawang putih, 2 butir bawang merah, ½ sdt gula pasir da 1 sdt garam.

Cara membuat ikan bakar ini, belah membujur badan ikan kakap putih atau jenis lainnya hingga terbuka salah satu sisi badannya. Aduk minyak, kecap, jeruk dan bumbu halus hingga rata. Lumuri badan ikan dengan Bumbu Olesan hingga rata.

Bakar di atas bara api arang sambil balik dan olesi sisa bumbu hingga rata. Bakar hingga kering dan matang lalu sajikan masih panas. 

Topik
berita tulungagung kakap putih awon awon Pantai Sidem pantai selatan tulungagung

Berita Lainnya