Prodi BK Unikama, Satu-satunya Prodi BK yang Lolos Progam Bantuan CoE Dikti | Jatim TIMES

Prodi BK Unikama, Satu-satunya Prodi BK yang Lolos Progam Bantuan CoE Dikti

Apr 06, 2021 18:17
Kampus Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama)(Doc MalangTIMES)
Kampus Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama)(Doc MalangTIMES)

MALANGTIMES - Program Studi (Prodi) Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) menjadi satu-satunya Prodi yang lolos dalam Program Bantuan Prodi Menjadi Model Center of Excellence (CoE) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tahun 2021 dari Kemendikbud Dikti.

Leny Latifah SPd MPd Kons, Kaprodi BK menjelaskan, jika memang Prodi BK Unikama menjadi satu-satunya Prodi BK yang lolos di antara kampus lainnya yang memiliki Prodi BK yang juga mengajukan program hibah tersebut.

Baca Juga : Polres Ngawi Kirim 200 Paket Bantuan ke NTT

“Saya lihat untuk kampus yang lainnya, memang hanya Unikama yang Prodi BK nya lolos,” jelasnya.

Lolosnya Prodi BK karena belajar dan terpicu dari pengalaman sebelumnya. Dijelaskan Leny, jika sebelumnya Prodi BK telah mendapatkan bantuan hibah MBKM pada tahun 2020. Dari penilaian saat itu, mendapatkan hasil yang bagus, sehingga memicu semangat untuk mengajukan proposal.

"Akhirnya kami mengajukan proposal mengikuti CoE ini. Kami berusaha dari awal dengan persiapan serius. Kami susun proposal dengan panduan. Kami ikuti agar secara administratif tak ada yang terlewat," terangnya.

Lolosnya Prodi BK Unikama, juga tak lepas dari persiapan matang yang dilakukan. Prodi BK Unikama telah memiliki perangkat kurikulum MBKM yang cukup lengkap dan memiliki kegiatan menarik dalam rangka implementasi kurikulum MBKM.

"Kami coba tawarkan itu, seperti misalnya pertukaran pelajar, magang di instansi terkait. KKN Tematik, proyek kemanusiaan, riset dan lain sebagainya. Selain itu, kami memiliki mitra yang juga mendukung implementasi MBKM," terangnya.

Setelah lolos dalam penilaian program bantuan hibah ini, Dikti akan memberikan dana hibah yang besarnya maksimal Rp 175 juta. Namun untuk itu, dijelaskan Leny, jika pihaknya belum mendapatkan Bimtek, pihaknya belum mengetahui berapa dari usulan dana hibah yang disetujui.

Baca Juga : Duta Informasi Kabupaten Malang 2021 Capai Puncak, Ini Ketiga Pemenangnya

 

"Mungkin dalam waktu dekat, akan ada Bintek dari Dikti, tapi kami berharap bisa mendapatkan dana yang maksimal," terangnya.

Pihaknya berharap, dengan lolosnya Prodi BK Unikama dalam program bantuan dana hibah ini, nantinya mampu meningkatkan kompetensi mahasiswa dan juga mewujudkan proses pembelajaran di perguruan tinggi yang otonom dan fleksibel.

"Dengan begitu tercipta kultur belajar yang inovatif tidak mengekang dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, serta mempersiapkan mahasiswa menyambut dunia kerja," pungkasnya.

Topik
Unikama Universitas Kanjuruhan Malang dana hibah dikti

Berita Lainnya