Kopri Madjapahit Unisba Blitar Dorong Keterlibatan Aktif Perempuan dalam Politik Negara | Jatim TIMES

Kopri Madjapahit Unisba Blitar Dorong Keterlibatan Aktif Perempuan dalam Politik Negara

Apr 03, 2021 17:47
Webinar  dengan tema ‘Kiprah Perempuan dalam Politik Negara' sukses digelar Kopri Madjapahit.(Foto : screenshot/Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Webinar dengan tema ‘Kiprah Perempuan dalam Politik Negara' sukses digelar Kopri Madjapahit.(Foto : screenshot/Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

BLITARTIMES - Mahasiswa Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar mengembangkan kreatifitas kegiatan di masa pandemi Covid-19. Diantaranya, sejumlah mahasiswa perempuan yang tergabung dalam Korps Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Putri (Kopri) Madjapahit menggelar webinar dengan tema ‘Kiprah Perempuan dalam Politik Negara’, Sabtu (3/4/2021). 

Ketua Kopri Madjapahit Ulia Ulfa Durrotul Fikriah menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari pelatihan kepada mahasiswi Unisba Blitar yang tergabung dalam Kopri Madjapahit. Dengan kegiatan ini diharapkan para mahasiswi akan terbuka pola pikir dan wawasan kebangsaan melalui pendidikan karakter. Kader mahasiswa putri juga didorong semakin kritis dan mampu mempelajari situasi perpolitikan nasional. 

Baca Juga : Bikin Geger, Polisi Sebut Perempuan yang Ngaku Utusan Allah dan Ajak Keluar dari Agama Alami Gangguan Jiwa

“Kami juga sampaikan kepada para kader perempuan agar mampu bersaing secara kapasitas dan kompetitif sejajar dengan kader pria. Kader juga kami dorong agar memberikan sumbangsihnya untuk masyarakat melalui pengabdian,” kata Ulia.

Dikatakannya, kegiatan webinar ini memberikan banyak paparan materi kepada mahasiswa. Diantaranya, terkait dengan perspektif gender yang selama ini masih sering salah dipahami oleh masyarakat. 

“Perlu ada pencerahan terhadap perempuan dan juga laki-laki dalam konteks gender. Tujuannya untuk menyamakan persepsi bahwa perempuan itu harus diberikan ruang dan kesempatan yang sama dengan laki-laki dalam menentukan arah kebijakan bangsa. Perempuan harus mempersiapkan dirinya untuk ikut aktif berpartisipasi dalam pengambilan dan kegiatan politik kebangsaan,” tukasnya. 

Webinar yang digelar Kopri Madjapahit diikuti secara antusias oleh peserta yang hadir melalui Zoom Meeting. Kegiatan ini menghadirkan narasumber Dosen Fakultas Hukum Unisba Blitar Zulham Hakim. 

Dalam paparannya, Hakim menyampaikan, paparan terkait pentingnya kiprah perempuan di dalam politik negara. Dengan masuk di dunia politik dan pemerintahan, perempuan akan dapat menentukan arah kebijakan-kebijakan strategis terkait dengan kepentingan-kepentingan kaum perempuan itu sendiri.

Baca Juga : Ngaku Utusan Allah, Seorang Perempuan Bikin Geger dengan Ajak Warga di Kota Malang Tinggalkan Agama

“Oleh sebab itu, perempuan wajib menentukan sikap dalam proses-proses politik untuk ikut serta dalam pengambilan kebijakan publik,” tegasnya.

Selain kebijakan publik, lanjut Hakim, perempuan juga harus bisa mengontrol dan berpartisipasi secara aktif dalam setiap keputusan-keputusan politik yang berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat secara luas.

“Nah, perempuan dengan kuota 30 persen di parlemen menurut Undang-Undang, wajib hukumnya aktif berkiprah di politik negara dan kebangsaan. Keaktifan ini untuk mewujudkan cita-cita luhur bangsa kita yakni bangsa Indonesia,” pungkas Hakim (ADV)

Topik
Unisba Blitar kopri majapahit unisba blitar perempuan dalam politik negara Webinar Unisba Blitar Ulia Ulfa Durrotul Fikriah

Berita Lainnya