Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Kenalkan Ijen Geopark, Pemkab Bondowoso Gelar Run Exhibition

Penulis : Abror Rosi - Editor : Pipit Anggraeni

03 - Apr - 2021, 08:46

Placeholder
Ketua Panitia Geopark Run Series, Tri Saputro (tengah) (foto: Abror Rosi/JatimTimes)

BONDOWOSOTIMES - Pemerintah daerah Bondowoso melangsungkan event Ijen Geopark Run Exhibition pada 2 hingga 4 April 2021. Kegiatan Geopark Run Series ini dilakukan bersama Pemkab Banyuwangi dalam rangka pengenalan situs-situs Ijen Geopark yang ada di Bondowoso maupun Banyuwangi.

Peserta akan melintasi jalan sejauh 65 kilometer. Start run exhibition dilakukan di Puncak Megasari, Bondowoso. Kemudian, garis akhirnya di Alun-alun Blambangan, Banyuwangi.

Baca Juga : RS Jantung di Kabupaten Malang Dibiayai dari Hasil Tembakau

Peserta akan melintasi sejumlah situs-situs geopark yang diusulkan ke Unesco. Diantaranya Kawah Wurung, Aliran Lava Plalangan, Ijen Megasari, dan lainnya.

Ketua Panitia Geopark Run Series Tri Saputro, menerangkan, sejak kali pertama diselenggarakan pada tahun 2018 lalu, Geopark Run selalu dilaksanakan di kawasan yang tengah menggagas Geopark.

"Kita membantu (mempromosikan, red) dengan platform melakukan kegiatan sport," jelasnya saat pers conference, Jum'at malam (2/4/2021).

Ia menjelaskan bahwa khas pelaksanaan Geopark Run ini adalah mengawinkan olahraga di jalan raya, dengan keunikan Geopark yang ada.

"Supaya Geopark yang ada bisa dikenal," katanya.

Ia melanjutkan bahwa kegiatan ini melibatkan 50 peserta. Terdiri dari 10 pelari influencer nasional. Kemudian pelari lokal asal Bondowoso, dan asal Banyuwangi masing-masing 20 orang.

Sementara itu, Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat, mengatakan, kegiatan ini rangkaian dari mempromosikan Ijen Geopark.

"Ini rangkaian mempromosikan Ijen Geopark," tuturnya.

Baca Juga : Amankan Paskah, Polres Blitar Sinergi dengan Pecalang dan Banser

Ia pun berharap kegiatan serupa bisa dilaksanakan lebih besar lagi. Karena, ada banyak keindahan alam Bumi Ki Ronggo yang bisa diperkenalkan kepada masyarakat luas.

"Harapan saya nanti kita akan mengadakan event yang lebih besar lagi," tutupnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, yakni Rosalina Patralin Tantri, Perwakilan Deputi Bidang Wisata dan Penyelenggara Kegiatan, Kemenparekraf, Plt Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Retno Wulandari, Kepala Diskominfo Bondowoso, dan sejumlah kepala OPD lainnya. 


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Abror Rosi

Editor

Pipit Anggraeni