Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Resmikan Hotel SMK Pagerwojo, Wagub Emil: Siswa SMK Harus Siap Kerja

Penulis : Joko Pramono - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

17 - Feb - 2021, 19:26

Placeholder
Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak melihat karya siswa SMKN 1 Pagerwojo (Joko Pramono/ JatimTIMES)

TULUNGAGUNGTIMES- Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elistianto Dardak berharap lulusan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) bisa menjadi lulusan yang siap kerja dan terampil.

Hal itu diungkapkannya selepas meresmikan Hotel Super milik SMKN 1 Pagerwojo, Tulungagung.

Baca Juga : Masa Jabatan Habis, Gubernur Tunjuk Sekda Sebagai Plh Bupati Trenggalek

“Dengan dunia yang terus berubah, mereka punya kemampuan untuk beradaptasi dengan keterampilan baru,” ujar pria yang akrab disapa Emil itu, Rabu (17/2/21).

Emil menilai keberadaan hotel milik SMKN 1 Pagerwojo ini bakal menjadikan sekolah ini BLUD (Badan Layanan Usaha Daerah), yang mempunyai pemasukan dari usahanya sendiri.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Wahid Wahyudi jelaskan saat ini ada 20 SMK yang sudah menjadi BLUD. Jumlah itu dipastikan bertambah, mengingat saat ini ada puluhan SMK yang merintis menjadi BLUD.

“Nanti ada yang mengajukan 57, jadi total akan ada 77 sekolah BLUD,” jelas Wahid.

Jumlah sekolah BLUD di Jawa Timur merupakan yang terbanyak di Indonesia.

Disinggung perbedaan antara sekolah BLUD dan non BLUD, Wahid jelaskan sekolah BLUD bisa mengelola hasil dari usah sekolah. Sedang non BLUD hasil dari usaha sekolah harus diserahkan ke kas daerah.

Baca Juga : 83 Tenaga PPPK di Kota Malang Dilantik

Untuk Tulungagung sendiri sudah ada 1 SMK BLUD dari 8 SMK yang ada. 7 SMK lainya saat ini sedang berproses untuk menjadi SMK BLUD.

“Semuanya (7 SMK) masih merintis untuk jadi BLUD,” jelas Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Tulungagung – Trenggalek, Solikin.

 


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Joko Pramono

Editor

Sri Kurnia Mahiruni