Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

5 Tokoh Ini Diduga Terlibat Perencanaan Kudeta Partai Demokrat

Penulis : Desi Kris - Editor : Dede Nana

03 - Feb - 2021, 10:54

Placeholder
Partai Demokrat (Foto: www.demokrat.or.id)

INDONESIATIMES - Terdapat 5 nama tokoh yang diduga terlibat kasus kudeta Partai Demokrat (PD) yang dilakukan oleh KSP Moeldoko. Siapa saja mereka?  

Diketahui, sebelumnya Ketua Umum (Ketum) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) geram lantaran menerima informasi kudeta tersebut. Ia menjelaskan ada pihak-pihak yang berencana melakukan makar atau pengambilan alih pimpinan PD.  

Baca Juga : Kisah Tragis Jean Pierre Adams, Pesepakbola yang Koma 38 Tahun 

 

Senin (1/2/2021) lalu, AHY diketahui telah menggelar konferensi pers terkait hal ini. Ia menyebut ada 5 kader PD yang diduga terlibat dalam upaya kudeta ini. Putra Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini mengatakan, jika 4 diantaranya adalah mantan anggota PD. Sementara 1 orang lagi merupakan pihak dari luar partai. Namun sosok ini menjadi bagian penting di pemerintahan Presiden Jokowi.  

Berikut 5 tokoh yang diduga terlibat perencanaan kudeta PD:

1. Moeldoko 

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menjadi orang pertama yang disebut sebagai aktor di balik upaya kudeta di Partai Demokrat. Namanya disebut oleh Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra sebagai orang yang bertemu dengan para kader Partai Demokrat yang menjadi saksi.

Moeldoko dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Kepala Staf Kepresidenan menggantikan Teten Masduki pada 17 Januari 2018. Sepanjang kariernya ia pernah menjadi Kepala Staf TNI AD dari 20 Mei hingga 30 Agustus 2013. Setelah menyelesaikan tugasnya, di tahun yang sama Moeldoko diangkat oleh presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai Panglima TNI. 

2. Marzuki Alie 

Berikutnya muncul nama Mantan Ketua DPR periode 2019-2014 Marzuki Alie. Marzuki termasuk orang lama di Partai Demokrat. Ia disebut sebagai salah satu aktor di balik upaya kudeta di tubuh Demokrat oleh Politikus Partai Demokrat Rachland Nashidik.

Dilansir melalui laman pribadinya, www.marzukialie.com, ia pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat di tahun 2013-2015. Kemudian menjadi Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat di tahun 2010-2013. Bahkan Marzuki juga aktif menjadi anggota tim kampanye SBY-JK di tahun 2004 dan SBY-Budiono pada tahun 2009.

3. Muhammad Nazaruddin 

Politikus Partai Demokrat Rachland Nashidik kembali menyebutkan 1 nama yang diduga terlibat yakni Muhammad Nazaruddin. Nazaruddin disebut sebagai salah satu aktor upaya perebutan kepemimpinan di tubuh Partai Demokrat. Ia adalah mantan pejabat penting di struktural Partai Demokrat yakni sebagai Bendahara Umum Partai Demokrat.

Namanya akrab dengan beberapa kasus korupsi di Indonesia. Ia sempat divonis bersalah dan dijatuhi hukuman 4 tahun dan 10 bulan penjara serta denda Rp 209 juta subsider 4 bulan kurungan penjara oleh Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta pada 2012 silam. Hukuman yang ia terima itu karena Nazaruddin terlibat dalam kasus korupsi Wisma Atlet. 

Baca Juga : Isu Kudeta Ketum Demokrat, DPC BMI Pamekasan: Kami Tetap Setia Kepada AHY 

 

Lalu ia kembali dijatuhi vonis setelah dianggap bersalah dalam kasus penerimaan gratifikasi dan pencucian uang. Ia dijatuhi hukuman oleh Majelis Hakim Pengadilan Tipikor hukuman pidana 7 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 1 tahun kurungan. 

Ia didakwa menerima gratifikasi dari PT Dura Graha Indah dan PT Nindya Karya untuk sejumlah proyek di sektor pendidikan dan kesehatan dengan jumlah mencapai Rp 40,37 miliar. Nazaruddin akhirnya pada 13 Agustus 2020 lalu.

4. Jhoni Allen 

Anggota Komisi V DPR, Jhoni Allen juga diduga berperan dalam upaya kudeta AHY dari Partai Demokrat.  Jhoni merupakan anggota Fraksi Partai Demokrat, yang terpilih menjadi anggota DPR dari daerah pemilihan Sumatera Utara II.

Sebelumnya, ia juga sempat menjadi anggota DPR dari Partai Demokrat periode 2004-2009. Di tahun 2014 ia pernah diperiksa sebagai saksi kasus dugaan gratifikasi proyek Hambalang yang menjerat mantan Ketua Umum Pratai Demokrat Anas Urbaningrum.

5. Darmizal 

Darmizal juga diduga menjadi aktor yang mengupayakan kudeta. Namanya disebut oleh Politikus Partai Demokrat Rachland Nashidik. 

Diketahui, Darmizal pernah menjadi Wakil Ketua Komisi Pengawas Partai Demokrat. Namun ia memilih mundur dan menjadi Ketua Umum Relawan Jokowi pada 6 Mei 2018 silam. Namanya bahkan sempat diusulkan menjadi salah satu menteri di kabinet Jokowi. Usulan itu disampaikan oleh Pembuna Forum Komunikasi Pendiri dan Deklarator Partai Demokrat (FKPD PD) Hency Luntungan. 

 


Topik

Politik



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Dede Nana