Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Ruang Terbuka Hijau Kanigoro Segera Dibangun, DPRD Beri Sejumlah Masukan

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Dede Nana

01 - Feb - 2021, 18:57

Placeholder
Ilustrasi.(Foto : Ist/Google Images)

BLITARTIMES - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar mendukung langkah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar yang akan membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kecamatan Kanigoro. Pembangunan RTH ini bagian dari pembangunan Kanigoro sebagai ibu kota baru Kabupaten Blitar. 

Pembangunan taman kota kanigoro atau RTH di Kecamatan Kanigoro akan dilaksanakan tahun ini oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blitar. Anggaran senilai Rp 9,5 miliar telah disiapkan Pemkab Blitar melalui APBD 2021.

Baca Juga : Viral Oknum Dewan Jember Aniaya Ketua RT karena Ditegur Ditegur saat Ngebut di Perumahan

“Kita dari Komisi III sudah dua kali menggelar rapat kerja dengan DLH. Dalam rapat kerja, DLH memberikan paparan Detai Engenering Desain (DED) atau perencanaan pembangunan RTH Kanigoro,” ungkap Sekretaris Komisi III DPRD Kabupaten Blitar, Panoto. 

Dikatakannya, dari rapat kerja yang digelar dewan memberikan beberapa masukan kepada DLH. Diantaranya, terkait lampu penerangan di RTH dan pemenuhan fasilitas umum. Dewan juga menyarankan keberadaan RTH memperhatikan lingkungan di sekitarnya.

“Kami juga mengingatkan jangan sampai terjadi kekumuhan di sekitar taman. Masukan itu perlu dilakukan, agar nantinya tidak ada perubahan perencanaan di tengah perjalanan pembangunan,” tegasnya.

Panoto melanjutkan, secara keseluruhan banyak saran dan masukan yang disampaikan DPRD kepada DLH Kabupaten Blitar. Banyaknya saran ini agar ketika nanti RTH selesai dibangun benar-benar bisa bermanfaat untuk masyarakat. 

“Banyaknya masukan yang diberikan, membuat anggaran yang dialokasikan dinilai tidak mencukupi. Sehingga disepakati untuk dibuat skala prioritas untuk pemenuhan fasilitas umum. Seperti musala disertai tempat wudu, kemudian toilet, dan lain-lain. Sehingga ketika taman itu bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, sudah sangat representatif, baik dari sisi kenyamanan, keamanan, dan keindahan,” pungkasnya. 

Diberitakan sebelumnya, Pemkab Blitar berencana menambah ruang terbuka hijau (RTH) di ibu kota Kabupaten Blitar. Dana sekitar Rp 9,5 miliar pun disediakan di APBD tahun 2021 untuk membangun RTH tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blitar Krisna Triatmanto mengatakan, RTH baru yang dibangun akan menempati bekas Pasar Kanigoro. Keberadaan RTH baru ini diharapkkan akan membuat Kota Kanigoro semakin hijau dan mengurangi polusi udara. 

Baca Juga : Pedagang Pasar Besar Kota Batu Keluhkan Talang Jebol, Kepala UPT: Kondisi itu Sudah Lama

“Pembangunan RTH di bekas Pasar Kanigoro ini beberapa kali tertunda karena berbagai sebab. Satu di antaranya pada tahun lalu ditunda karena anggaran direfocusing untuk percepatan penanganan Covid-19,” ungkap Krisna. 

Dikatakannya, di APBD 2021 pembangunan RTH Kanigoro telah dianggarkan Rp 9,5 miliar. Pembangunan RTH dipastikan akan memasuki tahapan lelang beberapa bulan ke depan jika tidak mengalami refocusing anggaran. 

“Kurun waktu beberapa bulan ke depan akan segera dilakukan lelang. Mengingat untuk perencanaannya sudah selesai, dan kini sedang berproses pada Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP). Kami berharap seluruh tahapan mulai dari perencanaan, lelang hingga pembangunan berjalan dengan lancar. Sehingga pembangunan yang tertunda selama beberapa kali bisa segera diwujudkan,” paparnya.

 


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Dede Nana