TPP PNS di Tulungagung Molor, BPKAD Janji Selesaikan Bulan ini | Jatim TIMES

TPP PNS di Tulungagung Molor, BPKAD Janji Selesaikan Bulan ini

Jan 25, 2021 11:59
Kantor BKAD Kabupaten Tulungagung (Foto: TULUNGAGUNGTIMES)
Kantor BKAD Kabupaten Tulungagung (Foto: TULUNGAGUNGTIMES)

TULUNGAGUNGTIMES - Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemerintah Kabupateb Tulungagung belum juga diterima. Jika biasanya TPP diberikan setiap tanggal 15 setiap bulannya, namun hingga kini TPP masih juga belum diterima oleh para ASN.

Kondisi itu dikeluhkan dan menjadi sebuah kepahitan tersendiri pagi para ASN. Karena mereka harus menata ulang keuangan keluarganya, apalagi dimasa sulit ekonomi akibat pandemi covid-19 saat ini.

Baca Juga : DPMD Tulungagung Mulai Kucurkan Dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa

Salah satunya disampaikan ASN di Tulungagung RA (inisial) yang mengatakan, sampai hari ini, Senin (25/01/2020) belum mendapat TPP, dan belum tahu pasti kapan akan dicairkan. Padahal, jika menurut aturan, lanjutnya, maksimal pencairan TPP tanggal 25 setiap bulannya. Hal itu sebagaiman ada dalam Perbub No.6 Tahun 2020 tentang tambahan penghasilan pegawai negeri sipil di lingkup Pemkab Tulungagung sebagaimana diubah menjadi Perbub No.18 Tahun 2020.

Mengenai alasan molornya pencairan TPP, ia tidak mengetahuinya secara pasti. Menurutnya, besar kemungkinan karena adanya perubahan sistem keuangan dari pemerintah pusat.

"Untuk masalah itu kurang begitu paham, lebih jelasnya tanya saja ke BPKAD," Kata RA saat dikonfirmasi melalui Whatsapp, Senin (25/01/2021).

Dikonfirmasi terpisah, salah satu PNS lain, DN (inisial) mengaku juga belum menerima TPP. Mengenai alasan kenapa penerimaan TPP molor, ia juga tidak mengetahuinya secara pasti.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Tulungagung Johanes Bagus Kuncoro mengatakan, keterlambatan dari penerimaan TPP PNS di lingkup Pemkab Tulungagung karena pengaruh penerapan Sistem Keuangan Pemerintah Daerah (SIPD) yang merupakan sistem keuangan baru program pemerintah pusat.

Baca Juga : Sex Ratio 2020 Tulungagung: Jumlah Pria Lebih Banyak Dibanding Perempuan

Dijelaskan olehnya, untuk TPP sudah dianggarkan semua, tapi masih terkendala dengan proses penataan dan administrasi. Sebagai pimpinan yang mengurusi hal itu, ia berjanji masalah TPP akan diselesaikan pada bulan ini.

"Terus kita coba dan dikomunikasikan dengan institusi lain, supaya bisa selesai dalam bulan ini," pungkasnya.

Topik
TPP ASN Tulungagung Molor TPP ASN Tulungagung berita tulungagung Berita Jatim

Berita Lainnya