Kapolsek Bululawang, Kompol Pujiyono saat mendapati masyarakat yang melanggar prokes (foto: Hendra Saputra/ MalangTIMES)
Kapolsek Bululawang, Kompol Pujiyono saat mendapati masyarakat yang melanggar prokes (foto: Hendra Saputra/ MalangTIMES)

MALANGTIMES- Menekan kepatuhan masyarakat tentang protokol kesehatan (prokes), Polsek Bululawang rutin melakukan Operasi Yustisi. Bahkan ketika PPKM berjalan, Operasi Yustisi berjalan hingga tiga kali sehari.

Angka penyebaran covid-19 di Malang Raya terus menunjukkan peningkatan, bahkan hal itu membuat Malang termasuk dalam penerapan PPKM yang berlaku di Jawa dan Bali.

Baca Juga : Polres dan Kodim Akan Tingkatkan Yustisi Protokol Kesehatan di Lumajang

Dalam skala kecil, Polsek Bululawang terus meningkatkan kepatuhan masyarakat tentang prokes. "Operasi Yustisi (dilakukan, red) 3 kali sehari. Kemudian dilanjutkan, khusus untuk malam hari, kami dari tiga pilar yakni TNI, Polri dan kecamatan memberikan kontrol kegiatan masyarakat terutama restoran, cafe, warung dan perniagaan, bahwa aktivitas jam 19.00 WIB harus selesai kegiatan," ungkap Kapolsek Bululawang, Kompol Pujiyono.

Selain Operasi Yustisi, Kompol Pujiyono juga mengungkapkan bahwa pihaknya melakukan patroli untuk memberikan imbauan melalui mobil patroli dengan pengeras suara.

"Kami rutin 3 kalo sehari untuk patroli itu. Setelah kami beri imbauan mereka mengikuti itu, tapi mereka masih bertahap menyesuaikan, tapi untuk warga masyarakat Bululawang sudah paham dengan aturan PPKM ini," paparnya.

Keberhasilan Polsek Bululawang memberikan imbauan kepada masyarakat terkait aturan PPKM ini karena sebelumnya juga telah melakukan public address yakni datang ke setiap desa agar pelanggaran prokes semakin menurun.

Baca Juga : Tak Berizin dan Langgar Prokes, 3 Kafe di Sumenep Ditutup

"Semakin menurun pelanggaran nya, sekarang yang ditemukan itu 5 atau 6 , paling banyak itu 10. Karena memang mereka menyangka kalau malam tidak ada operasi," pungkasnya.