Sejak Awal Tahun 2021, Sebanyak 140 Pelanggar Prokes di Pamekasan Terjaring Operas Yustisi | Jatim TIMES

Sejak Awal Tahun 2021, Sebanyak 140 Pelanggar Prokes di Pamekasan Terjaring Operas Yustisi

Jan 13, 2021 20:40
Petugas gabungan saat memberhentikan warga yang tidak memakai masker (Foto:Istimewa/JatimTIMES.com)
Petugas gabungan saat memberhentikan warga yang tidak memakai masker (Foto:Istimewa/JatimTIMES.com)

PAMEKASANTIMES- Untuk menekan angka penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Pamekasan, Tim Gabungan Satgas Covid-19 Kabupaten Pamekasan, Madura, kembali melakukan Operasi Yustisi Protokol Kesehatan (Prokes).

Operasi Yustisi yang dipusatkan di sisi timur Monumen Arek Lancor itu dilaksanakan selama kurun waktu 13 hari sejak awal tahun 2021 hingga 13 Januari dan telah berhasil merazia sebanyak 140 pelanggar.

Baca Juga : Filkom UB Rapid Test Puluhan Dosen dan Staf yang Tetap Kerja di Kantor

"Sebanyak 62 orang mendapat sanksi sosial dan sebanyak 78 orang mendapatkan sanksi administrasi," kata Kepala Satpol PP Pamekasan, Kusairi, Rabu (13/01/2021)

Dikatakannya, sanksi sosial yang diberlakukan kepada pelanggar prokes di Pamekasan di antaranya, membersihkan sampah di area monumen Arek Lancor dan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan seperti Indonesia Raya.

Kemudian, sanksi administrasi bagi pelanggar prokes di Bumi Gerbang Salam ini yaitu berupa penyitaan KTP dan bagi pelanggar perorangan, paling tinggi membayar denda sebesar Rp 100 ribu.

"Hal itu, mengacu pada Peraturan Bupati (Perbup) Pamekasan Nomor 50 Tahun 2020 tentang Prokes, dan Inpres No. 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019," jelasnya.

Menurutnya, digelarnya Operasi Yustisi ini sebagai langkah dan upaya untuk mendisiplinkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Baca Juga : Tak Berizin dan Langgar Prokes, 3 Kafe di Sumenep Ditutup

"Dalam kegiatan Operasi Yustisi dan patroli ini kami masih banyak menemukan masyarakat yang melakukan aktivitas tidak menerapkan prokes seperti menggunakan masker," terangnya.

Selain melakukan Operasi Yustisi, pihaknya bersama Tim Gabungan Satgas Covid-19 Pamekasan juga melakukan patroli di sejumlah pusat keramaian, sehingga pihaknya berharap masyarakat dapat mematuhi prokes guna menghentikan penyebaran wabah Covid-19 di Pamekasan.

"Saya berharap masyarakat mematuhi prokes, sayangi tubuh kita, sayangi keluarga kita dan sayangi orang-orang terdekat dengan mematuhi prokes," harapnya.

Topik
Protokol Kesehatan Operasi Yustisi

Berita Lainnya