Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq usai konferensi pers hari ini (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq usai konferensi pers hari ini (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Hasil rapat yang membahas proses vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Lumajang yang melibatkan seluruh unsur Forkopimda, MUI, Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, sepekat untuk memberikan penuh kepada usaha pemerintah untuk proses vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Lumajang.

Hal ini disampikan Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq dalam konferensi pers yan berlangsung pada hari ini, Rabu (13/1) di Kantor Pemkab Lumajang.

Baca Juga : Pemkab Malang Siapkan Mobil Refrigerator untuk Distribusikan Vaksin Covid-19

Usai rapat tersebut, seluruh unsur dari Forkopimda, MUI, Nahdlatul Ulama, dan Muhammadiyah sepakat untuk mendukung proses vaksinasi yang akan segera dimulai di Kabupaten Lumajang.

"Untuk Kabupaten Lumajang prioritasnya kepada tenaga kesehatan dulu. Kita akan mendapatkan 3.600 vaksin, sementara untuk tenaga kesehatan saja butuhnya lebih dari 4 ribu vaksin," kata Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq, pada hari ini.

Dijelaskan, saat ini vaksin untuk Kabupaten Lumajang masih ada di Propinsi Jawa Timur. Sedangkan daerah yang akan memperoleh vaksin lebih dulu diantaranya, Gresik dan Sidoarjo.

"Vaksin masih berada di ruang penyimpanan vaksin Propinsi Jawa Timur. Kita masih menunggu tahapan berikutnya, karena ditahap awal ini akan dilakukan di Surabaya, Gresik dan Sidoarjo," kata Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq pada hari ini.

Sementara untuk Kabupaten Lumajang vaksinasi ini diperkirakan akan dimulai pada bulan Februari mendatang.

Baca Juga : Mantan Pasien Covid-19 dan Komorbid Tak Dapat Jatah, ini Kriteria Penerima Vaksin di Malang

Sementara untuk langkah sosialisasi, baik Kodim maupun Polres Lumajang siap untuk melibatkan Babinsa dan Babinmas, termasuk SKD yang ada di semua desa di Kabupaten Lumajang.

"Selama menunggu proses vaksinasi ini sosialisasi akan dilakukan oleh Babinmas dan Babinsa termasuk SKD. Ini nanti akan dikoordinasikan oleh Polres dan Kodim Lumajang, termasuk dalam pengawasan protokol kesehatan," jelas Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq.