Operasi Yustisi Selama PPKM, Tim Satgas Bakal Keliling Kota Batu Sehari Dua Kali | Jatim TIMES

Operasi Yustisi Selama PPKM, Tim Satgas Bakal Keliling Kota Batu Sehari Dua Kali

Jan 11, 2021 20:58
Kepala Satpol PP Kota Batu, M. Nur Adhim. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Kepala Satpol PP Kota Batu, M. Nur Adhim. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Demi suksesnya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Batu pada 11-25 Januari 2021, tim Satgas Covid-19 bersama Polri, TNI dan Satpol PP melakukan operasi yustisi dengan ketat. Dalam sehari akan melakukan operasi dua kali dalam sehari.

“Kegiatan operasi atau patroli yustisi selama PPKM untuk menjaga fasilitas umum dalam sehari dilakukan dua kali,” ungkap Kepala Satpol PP Kota Batu, M. Nur Adhim usai apel pelaksanaan PPKM di Alun-Alun Kota Batu, Senin (11/1/2021). 

Baca Juga : Kasus Covid-19 Kota Malang Masih Tinggi, Izin Safe House Diperpanjang

Operasi yustisi itu dalam sehari sejak pukul 09.00 hingga 23.00 WIB dengan pergantian dua shift. Selain Satgas Covid-19, TNI, Polri, Satpol PP juga dari Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan sebagainya.

Dalam operasi yustisi itu selain menindak warga yang tidak menggunakan masker, juga mengingatkan mereka agar mengenakan masker dengan benar. Juga memonitoring pelaku usaha di bidang makanan dan minum di Kota Batu.

“Dengan prioritas sasaran adalah pelaku usaha yang bergerak di siang hari dan yang bergerak di malam hari. Karena jam operasional hanya sampai pukul 19.00,” imbuhnya.

“Bagi para pelaku usaha yang melanggar ketentuan sesuai dengan SE Wali Kota Batu akan dikenakan sanksi, awalnya teguran secara lisan, jika membandel, tidak diizinkan beroperasi selama tujuh hari,” terang mantan Camat Junrejo ini.

Baca Juga : Kabupaten Blitar Berlakukan PPKM, Lokasi Wisata Kembali Tutup

Sistem yang digunakan 2 : 1 : 1 yakni, 2 hari di wilayah Kecamatan Batu, 1 hari di wilayah Kecamatan Junrejo, dan 1 hari di Kecamatan Bumiaji. Selain itu juga di Alun-Alun Kota Batu. 

“Sebab tidak ada penutupan di lokasi, untuk mengantisipasi keramaian petugas juga diterjunkan di sana,” pungkasnya.

Topik
Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat

Berita Lainnya