Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Luncurkan e-Parking, Harapan Wali Kota Malang Pendapatan Parkir Meningkat

Penulis : Arifina Cahyati Firdausi - Editor : Dede Nana

04 - Jan - 2021, 13:01

Placeholder
Wali Kota Malang Sutiaji (paling tengah baju krem) saat meresmikan e-parking di kawasan Stadion Gajayana, Senin (4/1). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

 Mengawali tahun 2021, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang langsung tancap gas dalam menyongsong sederet program berbasis digitalisasi. Langkah ini sebagai salah satu bentuk menyongsong target Kota Malang menerapkan Smart City.

Seperti hari ini, Senin (4/1/2020) Pemkot Malang meluncurkan e-parking atau mesin parkir elektronik. Sasaran pertama yang telah terpasang, yakni di kawasan Stadion Gajayana.

Baca Juga : Rest Area Wringin Anom Siap Dipercantik, Disparbud Imbau Pihak Desa Buat Grand Design

Wali Kota Malang Sutiaji meresmikan secara langsung dan menyempatkan untuk menjajal mesin parkir elektronik tersebut. Sistem parkir itu bertujuan untuk menghindari kebocoran retribusi parkir serta memperbaiki penataan perparkiran.

"Hari ini e-parking kami resmikan, sesuai dengan rekomendasi dari Kopsurgah KPK, dan ini transparan," ucapnya.

Ia menambahkan, keberadaan e-parking ini bisa menjadi peluang dalam peningkatan pendapatan daerah di sisi retribusi parkir. Sebab, selama ini, kata Sutiaji, potensi parkir di Kota Malang seharusnya mampu mencapai Rp 250 miliar dalam satu tahun.

Namun hal itu belum terpenuhi, dan bahkan jauh dari target tersebut. "Potensi parkir di Kota Malang dalam setahun itu bisa lebih dari Rp 250 miliar. Tapi yang masuk ke khas daerah nggak lebih dari Rp 10 miliar," jelasnya.

Lebih jauh, di tahun 2021 ini, Pemkot Malang menargetkan akan ada 4 titik kawasan  lagi yang akan diterapkan sistem e-parking. Melalui, e-parking tersebut, Sutiaji berharap potensi pendapatan parkir akan meningkat jauh lebih baik.

Wali Kota Malang Sutiaji saat mencoba sistem e-parking. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

"Di tahun 2021 kita anggarkan 4 titik dulu. Ini nanti yang kami fokuskan adalah fasilitas-fasilitas pemerintahan dulu. Mestinya luar biasa (peningkatan potensi pendapatan dari sektor retribusi parkir). Sebelum e-parking, satu bulan saja ada Rp 20 juta pendapatan, nanti kita lihat setelah e-parking ini," tandasnya.

Beberapa titik lainnya yang akan menerapkan sistem e-parking, yakni di kawasan Blok Office, Gedung Kartini, Terminal Arjosari, dan gedung parkir bekas mess Persema.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang Handi Priyanto, mengungkapkan penerapan e-parking sebagai salah satu upaya Pemkot Malang untuk memperbaiki tata kelola parkir. Sehingga, melalui sistem yang transparan, kapan pun, dimana pun, siapapun akan bisa mengakses pendapatan retribusi sektor parkir di Kota Malang setiap jam.

Baca Juga : Kota Batu Berpotensi Kehilangan Warisan Sejarah

"Yang pasti berbeda, penerapan e-parking ini kan full online. Jadi, secara real time kita tahu berapa perolehan parkir itu. Karena nanti akan tersambung ke server, dan itu bisa diakses melalui dashboard yang ada di Dishub. Termasuk nanti di HP juga. Siapapun bisa melihat secara realtime, jam berapa perolehannya berapa. Ini lebih transparan," ungkapnya.

Di sisi lain, kata Handi, Pemkot Malang tengah mempersiapkan perancangan unit kerja instansi pengelolaan parkir sejak tahun 2020 lalu melalui UPT Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

"Di sisi lain, kami merancang untuk unit kerja instansi yang akan mengelolannya nanti. Sekarang sedang proses di provinsi. Secara prinsip kemarin sudah ada persetujuan tinggal menunggu tanda tangan Gubernur, yakni UPT BLUD. Jd UPT parkir ini bukan parkir biasa tapi merupakan BLUD," pungkasnya.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arifina Cahyati Firdausi

Editor

Dede Nana