Wisata Alam Kedung Guwo Pasrujambe (Foto : Moch. R. Abdul Fatah /Jatim TIMES)
Wisata Alam Kedung Guwo Pasrujambe (Foto : Moch. R. Abdul Fatah /Jatim TIMES)

Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq pada hari ini, Kamis (26/11) menghadiri Launching Wisata Alam Kedung Guwo yang dikelola oleh Pokdarwis desa Pasrujambe, Kecamatan Pasrujambe Lumajang.

Menurut Kades Pasrujambe, Kedung Guwo merupakan kawasan wisata sejarah di Pasrujambe, karena pada masa perjuangan kemerdekaan, Kedungguwo merupakan salah satu tempat yang digunakan untuk persembunyian pasukan gerilya untuk melawan penjajahan.

Baca Juga : Tidak Hanya Wisata Air, Sumber Telu Pronojiwo juga Tawarkan Agrowisata Salak Pondo

“Kedung Guwo ini memiliki nilai sejarah. Dulu tempat ini dijadikan tempat perlindungan pada masa perjuangan dan gerilya untuk melawan penjajah. Saat ini kami hanya menambahkan aspek edukasi dan fasilitas lainnya untuk menarik wisatawan datang ke tempat ini,” kata Kades Pasrujambe Sugianto.

Sementara itu Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq mengatakan, Pasrujambe merupakan salah satu potensi di Lumajang yang memiliki peluang untuk berkembang. Selain pariwisata, Pasrujambe juga memiliki potensi dibidang pertanian, perkebunan dan hasil olahan dari hasil pertanian.

“Kalau pariwisata dan hasil pertanian dihubungkan menjadi potensi yang sama-sama bisa berkembang, maka Pasrujambe secara ekomomi akan terus berkembang. Dan sudah seharusnya, jika potensi itu memang berkembang, maka Pemkab Lumajang akan mensupport infrastruktur pendukungnya,” kata Cak Thoriq dalam kesempatan tersebut. 

Bupati juga mengatakan, memadukan semua potensi yang ada, khususnya di Pasrujambe maka akan berdampak kepada penyebaran potensi ekonomi, baik pariwisata maupun pertanian dan hasil olahan pertanian.

Baca Juga : DPRD Optimistis Tahun Depan Sektor Wisata di Blitar semakin Menggeliat

“Pasrujembe memiliki potensi ini. Baik wisata maupun pertanian dan hasil olahannya sangat potensial untuk berkembang,” tegas Bupati Lumajang, H. Thoriqul Haq.

Dalam tahun 2021 yang akan datang, Lumajang memang sedang akan mengembangkan sejumlah potensi wisata pada sisi barat Kabupaten Lumajang, khususnya Senduro. Pasrujambe merupakan kawasan yang letaknya berdampingan dengan Senduro.